Tiba di Bali, Elon Musk Siap Luncurkan Starlink

Miliarder teknologi Elon Musk berjalan bersama Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat tiba di bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, 19 Mei 2024. (Foto: AFP/Sonny Tumbelaka)

Denpasar (Suara Kalbar)- Miliarder teknologi Elon Musk tiba di Bali pada Minggu (19/5/2024) untuk meluncurkan layanan Starlink guna menjangkau daerah-daerah terpencil di Tanah Air.

Jutaan orang di pelosok Indonesia saat ini masih belum menikmati akses ke layanan internet yang andal.
Musk, yang melakukan kunjungan pertamanya ke Indonesia, dijadwalkan meluncurkan Starlink bersama Presiden Joko Widodo di Denpasar pada Minggu (19/5/2024) sore.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Starlink “memiliki kemampuan menjangkau wilayah paling terpencil sekalipun di Indonesia.”

“Saya berkesempatan menjemput Elon di bandara pagi ini dan kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama di sini,” tulis Luhut di akun Instagram resminya dilansir dari VoA Indonesia.
Salah satunya ialah peresmian layanan internet Starlink yang mampu menjangkau hingga pelosok Indonesia,” katanya.

Menurut Luhut, Musk juga akan berbicara di World Water Forum yang tengah berlangsung di Bali.
Layanan Starlink dijadwalkan untuk diujicobakan pada bulan ini di Ibu Kota Nusantara, kata para pejabat.
Setelah uji coba tersebut, Starlink yang telah mengantongi izin operasional di Indonesia pada awal bulan ini, dapat diluncurkan secara komersial di seluruh Nusantara.

Starlink saat ini sudah tersedia di Malaysia dan Filipina

Dengan menggunakan jaringan satelit orbit rendah Bumi, Starlink mampu menyediakan akses internet ke lokasi terpencil atau area yang tidak dapat dijangkau oleh infrastruktur komunikasi konvensional.

Menurut Bank Dunia, hanya sekitar dua per tiga dari sekitar 270 juta penduduk Indonesia yang memiliki akses terhadap internet pada 2022.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS