Sungai Rasau Mempawah Bentuk Lembaga Desa Peduli Gambut, Ali Mashor Terpilih Jadi Ketua

Foto bersama berbagai elemen Desa Sungai Rasau Kecamatan Sungai Pinyuh usai Musdes Pembentukan Lembaga Desa Peduli Gambut (LDPG), Jumat (10/5/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Istimewa

Mempawah (Suara Kalbar) – Desa Sungai Rasau Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah kini telah terbentuk Lembaga Desa Peduli Gambut (LDPG).

Pembentukan LDPG ini terlaksana dalam musyawarah desa, Jumat (10/5/2024) malam.

Turut hadir, perwakilan BPD, Pemdes, Kades, Karang Taruna, PKK, KTH, MPA dan bersama Fasdes dan Asisten DMPG.

Dasar terbentuknya LDPG Sungai Rasau merupakan jawaban keberlanjutan restorasi gambut yang telah dimulai Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) sejak 2017 dengan kegiatan R1, R2 dan R3 yang merupakan paket lengkap terlaksananya 3R.

Lembaga Desa Peduli Gambut atau LDPG merupakan lembaga di desa yang mempunyai sifat koordinasi dan memfasilitasi kegiatan restorasi gambut tingkat Desa Sungai Rasau.

Kegiatan ini melibatkan partisipasi lembaga organisasi atau pihak yang ada di desa seperti MPA, Karang Taruna, Gapoktan, Poktan, Kader Sekolah Lapang, PKK, Bumdes, Remaja Masjid, KTH, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Paralegal.

Struktur organisasi yang akan di-Perdes-kan oleh kepala desa antara lain Ketua, Sekretaris, Bendahara, Bidang Usaha (Bumdes), Bidang Aset Inventaris Pemeliharaan 3R dan Bidang Tanggap Karhutla.

Dalam musdes tersebut, Ali Mashor akhirnya terpilih sebagai Ketua LDPG Desa Sungai Rasau.

Sosok Ali Mashor diharapkan dapat merangkul dan mengawal kegiatan restorasi gambut di Desa Sungai Rasau dan menjadi contoh kelembagaan se-Kabupaten Mempawah.

Selain itu, kehadiran LDPG juga diharapkan dapat membantu pembangunan desa setempat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS