PKM-KI IAIN Pontianak, Wujudkan Moderasi Beragama dalam Mengajar SD

Pengabdian Kepada Masyarakat Berorientasi Karya Ilmiah (PKM-KI) IAIN Pontianak di SDN 05 Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Rabu (15/5/2024).SUARAKALBAR.CO.ID/IAIN Pontianak

Kubu Raya (Suara Kalbar)- Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Pontianak laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Berorientasi Karya Ilmiah (PKM-KI) di SDN 05 Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Rabu (15/5/2024).

PKM-KI ini mengangkat tema Membangun Toleransi dan Keharmonisan: Peran Moderasi Beragama dalam Praktek Mengajar Guru Sekolah Dasar. Dalam pelaksanaannya diikuti oleh puluhan Guru Sekolah Dasar lintas agama dengan narasumber Presiden Sahr Albadr Scopus Foundation Indonesia, Dr. Sahri dan Dr. Usman.

Ruslan Al Ulum, selaku ketua kelompok mahasiswa PKM-KI, mengatakan kegiatan itu memiliki tujuan lahirnya karya Ilmiah sebagai produk dari pengabdian masyarakat yang dilakukan di lapangan.

“Kami sebagai mahasiswa berharap dapat berkolaborasi dengan guru-guru dalam menuliskan pengalaman-pengalaman membangun moderasi beragama dari ruang-ruang kelas kecil Sekolah Dasar,” kata Ruslan.

Senada, Sahri, pembimbing PKM-KI MPAI Pascasarjana, mengatakan pendidik harus membiasakan diri menulis secara ilmiah sebagai bagian dari indikator profesionalisme seorang guru, dalam konteks ini mahasiswa MPAI Pascasarjana akan mengangkat karya ilmiah tentang moderasi beragama sebagai produk pengabdian kepada masyarakat.

PKM mahasiswa itupun disambut baik Kepala Sekolah SDN 05 Rasau Jaya, Juharoh dan berharap memberikan dampak baik bagi guru-guru dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada anak-anak didiknya dan meningkat minat menulisnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS