Optimasi 700 Hektar Lahan Rawa di Sungai Pinyuh, Pemkab Mempawah dan Kodim 1201 Teken Kerjasama

Kepala Dinas PKPP Mempawah Gusti Basrun dan Dandim 1201/Mph Letkol Inf Benu Supriyantoko, foto bersama Pj Sekda Mempawah Juli Suryadi Burdadi dan jajaran Forkopimda usai menandatangani perjanjian kerjasama Optimasi Lahan Rawa di Kantor Bupati Mempawah, Rabu (15/5/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Pemerintah Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat dan Komando Distrik Militer (Kodim) 1201 Mempawah menandatangani perjanjian kerjasama.

Penandatanganan perjanjian kerjasama terkait Pelaksanaan Perbaikan Infrastruktur Optimasi Lahan Rawa di Kabupaten Mempawah, dilakukan di Kantor Bupati Mempawah, Rabu (15/5/2024).

Perjanjian kerjasama tersebut ditandatangani Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKPP) Mempawah Gusti Basrun dengan Dandim 1201/Mph Letkol Inf Benu Supriyantoko, yang disaksikan Penjabat (Pj) Sekda Mempawah Juli Suryadi.

Dalam laporannya, Kepala DPKPP Mempawah Gusti Basrun menyampaikan bahwa upaya pemerintah dalam peningkatan produksi pertanian pangan terutama padi pada lahan rawa mengalami beberapa kendala.

Yaitu tingkat kesuburan yang rendah, kondisi air yang fluktuatif sehingga genangan air tinggi pada musim penghujan, kekeringan pada musim kemarau, serta infrastruktur masih terbatas ataupun kondisinya yang rusak dan tidak berfungsi.

“Terkait hal tersebut diperlukan upaya Optimasi Lahan dalam rangka Peningkatan Pemanfaatan Lahan Rawa melalui perbaikan infrastruktur lahan dan air,” ungkapnya.

Gusti Basrun menjelaskan Optimasi Lahan Rawa merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan pemanfaatan lahan sawah pada lahan rawa dengan fokus pada penyiapan lahan dan pembangunan atau rehabilitasi konstruksi yang dapat menata air yang dibutuhkan untuk memfasilitasi kegiatan pertanaman di lahan rawa.

Dia menyampaikan, Kabupaten Mempawah pada tahun 2024 ini mendapatkan alokasi kegiatan Optimasi Lahan Rawa seluas 700 hektar yang berlokasi di Kecamatan Sungai Pinyuh.

“Semoga dengan terjalinnya kerjasama ini semua kendala yang terjadi pada sawah di lahan rawa Kabupaten Mempawah dapat teratasi, sehingga meningkatkan produksi dan produktivitas padi secara optimal,” tutupnya.

Sedangkan Dandim 1201/Mph Letkol Inf Benu Supriyantoko memastikan dengan perjanjian kerjasama ini pelaksanaan Optimasi Lahan Rawa akan semakin optimal dari apa yang sudah saat ini.

“Mohon doa dan kerjasama serta dukungan dalam kegiatan ini dengan baik dan amanah,” ujarnya.

Pj Sekda Mempawah Juli Suryadi berharap dengan disepakati dan ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara DPKPP Kabupaten Mempawah dan Kodim 1201 Mempawah, maka upaya khusus yang dilakukan pemerintah dalam rangka peningkatan produksi pangan ini dapat berhasil dengan baik.

“Semoga dengan kerjasama ini perbaikan infrastruktur pertanian di lahan rawa Kabupaten Mempawah dapat memberikan dampak signifikan terhadap pemanfaatan lahan pertanian, sehingga produksi pertanian khususnya tanaman padi terus meningkat guna menjaga ketahanan pangan baik secara lokal maupun nasional,” ucap Juli.

Hadir Forkopimda Mempawah, Kepala Bappeda, Kepala Dinas PUPR, Inspektorat, serta OPD terkait, Camat Sungai Pinyuh dan Kades.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS