Prabowo Janji Lanjutkan Program Jokowi di Qatar Economic Forum

Prabowo Subianto dan Joko Widodo. (Antara)

Jakarta (Suara Kalbar)- Presiden terpilih Prabowo Subianto mengungkapkan gaya kepemimpinan yang akan diterapkan dalam pemerintahannya mendatang pada Qatar Economic Forum, Rabu (15/5/2024). Meski berjanji untuk melanjutkan program dan kebijakan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama kampanye, Prabowo menegaskan bahwa ia akan memimpin dengan kepribadian dan prinsip-prinsipnya sendiri.

Dalam menjawab pertanyaan pembawa acara Haslinda Amin mengenai apakah kebijakannya akan dipengaruhi oleh latar belakang militernya, mantan komandan jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) itu menyatakan bahwa kepemimpinannya tidak akan didikte oleh latar belakang tersebut.

“Saya akan menjadi diri sendiri. Saya akan jujur. Itu berarti bahwa saya setia pada cita-cita, prinsip, dan nilai-nilai yang saya pegang. Sebagai patriot, nilai utama saya adalah kesejahteraan rakyat saya. Rakyat saya harus aman. Mereka tidak boleh kelaparan. Mereka harus hidup dengan baik. Itu adalah impian setiap patriot dari sebuah negara,” kata Prabowo melansir dari ANTARA, Kamis(16/5/2024).

Prabowo juga menolak klaim bahwa kepresidenannya akan menekan demokrasi di Indonesia. Dia menegaskan bahwa proses demokratis telah memungkinkan dia untuk akhirnya terpilih setelah empat kali mencalonkan diri.

“Kali ini, mereka (rakyat Indonesia) memberikan persetujuan mereka. Apa kekhawatiran tentang demokrasi? Saya pikir kekhawatiran tentang demokrasi dibuat oleh beberapa orang di pers,” ujar Prabowo.

“Setiap negara memiliki budaya dan sejarahnya sendiri. Setiap pemimpin dari setiap negara harus melayani rakyatnya dengan caranya sendiri. Jadi saya datang kepada rakyat saya. Mereka menolak saya tiga kali, dan mereka menerima saya kali ini. Jadi saya akan bekerja sangat keras agar saya tidak mengecewakan rakyat saya,” tambahnya.

Diketahui, Pilpres 2024 menjadi kali keempat Prabowo mengikuti pemilihan presiden. Pada 2009, Prabowo menjadi calon wakil presiden dari mantan presiden Megawati Soekarnoputri. Ia dikalahkan oleh presiden petahana, Susilo Bambang Yudhoyono yang berpasangan dengan Boediono.

Prabowo kemudian kalah dari Presiden Jokowi dalam Pilpres 2014 dan 2019. Pada 2024, Prabowo yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung dari Presiden Jokowi, berhasil memenangi pilpres dengan mengalahkan dua kandidat lainnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Prabowo berjanji untuk melanjutkan karya Jokowi, sambil menjalankan program-program unggulannya, seperti makan siang dan susu gratis untuk anak sekolah tidak mampu.

“Kami telah mempelajari dan menghitung angka-angkanya. Kami yakin dapat mewujudkan itu (makan siang dan susu gratis),” kata Prabowo.

“Kami memiliki metode untuk refocusing dan mengurangi anggaran untuk program yang tidak esensial. Kita bicara soal efisiensi, tata kelola baik, pengaturan, dan manajemen yang baik,” tambahnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS