KPU Sintang Sosialisasikan Tahapan Pilkada Sintang 2024

Sosialisasi Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang Tahun 2024 di Aula Serantung Waterpark pada Selasa (7/5/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Diskominfo Sintang

Sintang (Suara Kalbar)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang melaksanakan kegiatan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang Tahun 2024 di Aula Serantung Waterpark pada Selasa (7/5/2024).

Sosialisasi dibuka oleh Suryadi Anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat dan dihadiri Bupati Sintang yang diwakili oleh Subendi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Komisioner KPU Kabupaten Sintang, Forkopimda, OPD di Lingkungan Pemkab Sintang, Instansi Vertikal, Partai Politik, Perguruan Tinggi, dan Organisasi Masyarakat.

Dikatakan Ketua KPU Kabupaten Sintang, Edy Susanto pemilu 14 Februari 2024 yang lalu telah berjalan dengan aman dan lancar berkat dukungan dan bantuan banyak pihak. Begitupun dengan Pilkada pada November mendatang, diharapkan pula dukungan semua pihak agar berjalan sukses.

“Sosialisasi hari ini merupakan salah satu yang sudah dilakukan dan hari ini juga sedang dilaksanakan seleksi CAT bagi calon PPK. Jumlah pendaftar untuk 14 PPK sangat banyak dan animo masyarakat sangat baik untuk menjadi PPK, ” kata Edy Susanto.

Lebih lanjut, dia memaparkan saat ini juga sedang memasuki tahapan pendaftaran dan pengumpulan bukti dukungan untuk calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sintang jalur perseorangan atau non partai hingga 12 Mei 2024 mendatang.

Syarat calon perseorangan adalah mengumpulkan fotokopi KTP 27. 106 pemilih beserta surat pernyataan dukungan yang tersebar di 8 kecamatan. Total pemilih untuk pilkada Sintang adalah 318. 891 pemilih. Selanjutnya KPU akan melaksanakan verifikasi KTP hingga 19 Agustus 2024.

Kemudian di tanggal 27-29 Agustus 2024 merupakan masa pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Sintang ke KPU Kabupaten Sintang lewat jalur partai.

Sementara itu, Suryadi Anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan bahwa dalam persiapan pilkada ini Kabupaten Sintang sudah menyelesaikan seluruh proses hibah pendanaan. Dia menjelaskan anggaran Pilkada murni dibiayai oleh APBD masing-masing. Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Kalbar juga sudah disepakati pembiayaannya sebesar 273 miliar dan dari dana untuk pilkada ini, 50 persen merupakan honor PPK dan PPS.

“Transfer awal atau tahap pertama dari Pemkab Sintang ke KPU Kabupaten Sintang untuk mulai melaksanakan tahapan pilkada ini bahkan sudah 61 persen dari total dana yang diperlukan. Ini bukti dukungan Pemkab Sintang kepada KPU Kabupaten Sintang,” jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS