Khofifah Dukung Pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI di Jawa Timur

Gubernur Jatim periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa (ketiga kanan) menyaksikan peletakan batu pertama pembangunan kantor perwakilan DPD RI di Surabaya, Senin (13/5/2024). ANTARA

Jakarta (Suara Kalbar)- Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan bahwa pembangunan kantor perwakilan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) di Jawa Timur bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi kepada para senator di wilayah tersebut.

“Kami butuh proses two way traffict communication. Kalau misalnya warga masyarakat Jatim ingin menyampaikan aspirasi pada senatornya tapi kalau tempatnya tidak representatif ya kurang proporsional,” kata Khofifah melansir dari ANTARA, Rabu(15/5/2024).

Khofifah menjelaskan bahwa Jawa Timur merupakan provinsi besar dengan 38 kabupaten/kota, sehingga banyak masyarakat yang membutuhkan sarana untuk menyalurkan aspirasi melalui senator mereka. Salah satu pertimbangan untuk menginisiasi pembangunan kantor perwakilan DPD RI di Jawa Timur adalah karena ketua DPD RI berasal dari Jawa Timur.

“Kalau Ketua DPD RI dari Jatim tapi tidak punya kantor yang representatif, berarti kami tidak memaksimalkan fungsi-fungsi yang bisa dimanfaatkan dari peran para senator,” ucapnya.

Tidak hanya itu, pembangunan Kantor perwakilan tersebut juga merupakan sejarah baru yang ditorehkan di tengah moratorium atau penghentian pembangunan gedung kementerian dan lembaga, yang diberlakukan pemerintah pusat, sejak 2014.

Adanya kantor perwakilan DPD RI di Jatim, kata dia, juga diharapkan semakin memperkuat Jatim yang merupakan centre of gravity Indonesia.

“Ketika IKN Nusantara sudah berjalan, secara de jure ibukota negara di sana, tetapi sebenarnya secara de facto ibu kota negara itu ada di Jawa Timur, mengingat sangat banyak sumber daya manusia kualitatif ada di Jawa Timur,” ujarnya.

Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti menilai pembangunan tersebut merupakan bentuk nyata Pemprov Jatim mendukung lancarnya arus komunikasi dan penyampaian aspirasi warga pada senator di jajaran DPD RI.

“Pembangunan Kantor Daerah DPD RI melalui mekanisme hibah dan bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Jatim adalah terobosan sebagai jalan keluar atas adanya moratorium oleh Menteri Keuangan. Ini adalah yang pertama dalam sejarah DPD RI. Dan sejarah itu kita ukir di Jawa Timur. Tepuk tangan untuk Jawa Timur,” ujarnya.

Senator asal Jatim tersebut berharap, Pemerintahan yang akan datang, segera mencabut moratorium pembangunan gedung kementerian dan lembaga.

“Pembangunan kantor daerah merupakan langkah nyata dalam upaya meningkatkan pelayanan dan penyerapan aspirasi masyarakat serta penguatan kepentingan daerah yang menjadi tugas utama anggota DPD RI,” ucapnya.

“Semoga pembangunan kantor ini berjalan dengan lancar dan sesuai rencana,” tambahnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS