Global Education Fair Bakal digelar di Pontianak, Disdikbud Kalbar: Peluang Pendidikan Internasional

Kepala Dinas Pendidikan Kalbar, Rita Hastarita saat memberikan keterangan terkait Global Education Fair di Pontianak, Rabu (15/5/2024).[SUARAKALBAR.CO.ID/Diko Eno]

Pontianak (Suara Kalbar) – Tanggal 12 hingga 13 Juni 2024 akan menjadi momen bagi dunia pendidikan di Kalimantan Barat. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) berkolaborasi dengan EMGS (Education Malaysia Global Services), akan menggelar “Global Education Fair” yang menyajikan informasi terkini seputar pendidikan tinggi dan teknologi di Pontianak.

Menurut Rita Hastarita, Kepala Dinas Pendidikan Kalbar, acara ini tidak sekadar pameran biasa. Tujuan utamanya adalah memberikan sumber informasi yang akurat kepada calon pelajar dan mahasiswa, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Pameran ini akan diikuti oleh perguruan tinggi di Indonesia dan Malaysia, vendor teknologi pendidikan, serta sekolah SMA/SMK/SLB se-Kalimantan Barat,”ujar Rita saat memberikan keterangan jupa Pers, Rabu (15/5/2024).

Disdikbud Kalbar telah menyiapkan sejumlah booth yang akan diisi oleh 60 booth indoor untuk perguruan tinggi dan vendor pendidikan, 40 booth outdoor untuk sekolah, 12 booth sponsorship, serta 12 booth UMKM kuliner dengan tema Kantin Sekolah.

“Global Education Fair bertujuan menyediakan platform bagi perguruan tinggi untuk memberikan informasi lengkap mengenai lokasi, mutu pendidikan, program studi, keunggulan, biaya pendidikan, serta peluang kerja di masa depan. Kegiatan ini juga menjadi wadah interaksi langsung antara orang tua calon mahasiswa dan penyelenggara pendidikan dari Indonesia dan Malaysia,” katanya.

Selain menjadi sumber informasi, acara ini juga menjadi momen berharga bagi orang tua dan siswa. Rita menyoroti manfaat dari kegiatan ini, termasuk dalam memotivasi siswa untuk meraih beasiswa internasional dan memilih jurusan yang sesuai minat dan kemampuan.

Tidak hanya itu, dalam rangkaian acara tersebut, Disdikbud Kalbar juga akan menggelar panggung kreativitas bagi siswa SMA/SMK/SLB. Di sini, mereka akan memamerkan produk unggulan dari masing-masing sekolah di Provinsi Kalimantan Barat.

Dengan berbagai kegiatan yang menarik, “Global Education Fair” di Pontianak 2024 diharapkan menjadi momentum penting bagi para pelajar dan mahasiswa. Acara ini menjadi wadah untuk mendapatkan informasi terkini seputar pendidikan tinggi dan teknologi, serta kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan institusi pendidikan terkemuka dari dalam dan luar negeri.

 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS