Landak  

Empat Orang Pencuri TBS Sawit di PT LIP Diringkus Polsek Ngabang 

Empat orang pelaku pencurian TBS Sawit di PT LIP Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak.SUARAKALBAR.CO.ID/Polsek Ngabang. 

Landak (Suara Kalbar)- Satuan Reserse Kriminal Polsek Ngabang berhasil menangkap empat tersangka pelaku pencurian TBS sawit di lokasi PT Lingkar Indah Plantation (LIP), Kebun Plasma Afdling 6 Blok L 27/28 Dusun Dara Itam, Desa Dara Itam, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak.

Empat pelaku diringkus dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 Ayat 1 ke 4 KUHPidana Jo Pasal 55 KUHPidana. Atau undang-undang perkebunan nomor 39 tahun 2014 sebagaimana dimaksud dalam pasal 107 huruf d UU Nomor 39 tahun 2014 Jo pasal 55 KUHPidana. Penangkapan ini berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/B/06/V/2024/SPKT/POLSEK NGABANG/POLRES LANDAK/POLDA KALBAR yang dibuat pada 14 Mei 2024.

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan, melalui Kapolsek Ngabang Akp Prambudi mengungkapkan bahwa pencurian terjadi pada Selasa, 21 April 2024. Saat itu satu unit mobil pickup Grand Max warna hitam yang dikemudikan oleh salah satu tersangka berinisial A.J masuk ke area kebun dengan meminta izin untuk mengambil buah sawit SY bersama tersangka lainnya.

Setelah diamati oleh satpam PT LIP, diketahui bahwa mobil tersebut memasuki Afdling 6 Blok L 27/28 dan mengangkut 94 tandan buah sawit dengan berat total 1490 kilogram. Satpam kemudian menghentikan mobil tersebut dan menyuruh para pelaku untuk menurunkan kembali buah sawit yang telah dicuri.

Kapolsek Ngabang Akp Prambudi menjelaskan berdasarkan laporan dari PT LIP yang menyatakan mengalami kerugian sebesar Rp 4.218.190,00, pihak kepolisian segera melakukan penyelidikan. Sat Reskrim Polsek Ngabang kemudian melakukan pemeriksaan terhadap para tersangka masing-masing berinisial R.A.M (35), S.A.K (34), A.J. (42), yang ketiganya warga Kecamatan Jelimpo dan P.A.(16) warga Kecamatan Balai.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke 4 KUHPidana Jo Pasal 55 KUHP dengan Dari tangan para tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa 94 tandan buah sawit dan dua buah tonjok dan ditahan guna kepentingan penyidikan lebih lanjut

“Kami akan terus bekerja keras untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Landak. Penangkapan ini adalah bukti keseriusan kami dalam menindak pelaku kejahatan, ” ujar Kapolsek.

Pihaknya juga berharap masyarakat dapat lebih waspada dan turut serta dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar. Kolaborasi antara aparat keamanan dan masyarakat sangat penting untuk mencegah terjadinya tindak kriminal.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS