Buka Ritual Nyabakng Ba’ Sawa, Darwis Janji Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur Jalan

Kegiatan acara Ritual Nyabakng Ba' Sawa Tahun 2024 di Dusun Semawing Desa Kamuh Kecamatan Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang, Sabtu (18/5/2024). SUARA KALBAR.CO.ID/Kurnadi.

Bengkayang (Suara Kalbar) – Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis menghadiri dan membuka acara Ritual Nyabakng Ba’ Sawa Tahun 2024 di Dusun Semawing Desa Kamuh Kecamatan Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang, Sabtu (18/5/2024).

Pembukaan acara dimulai dengan sajian tarian penyambutan tamu, taburan tepung tawar, kemudian dilanjutkan acara Nyabangk, Maka Ta’ Mao’ Keramat dan Nyabangk pulang dari Ta’ Mao.

Ketua DAD Kecamatan Tujuh Belas Marlianus Duladi menyampaikan ucapan terimakasih atas terselengaranya kegiatan ritual adat ini, saya selaku Ketua Adat Dayak di Kecamatan Tujuh Belas dapat melaksanakan ritual adat di desa masing-masing.

“Dengan acara ini perlu nya kita melestarikan adat budaya kita dan saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Bengkayang atas dukungan terlaksananya kegiatan ritual adat ini,” ujar Marlianus Duladi.

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis sangat mengapresiasi masyarakat dusun Semawing dan kepala desa Kamuh dengan dana desa telah membangun rumah adat di dusun Semawing ini.“Kita akan terus mengembangkan dan meningkatkan kelestarian budaya kita di Bengkayang,” kata Darwis.

Ia juga mengingatkan karena tidak lama lagi akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah, maka Ia meminta supaya masyarakat dusun Semawing desa Kamuh ikut berpartisipasi untuk mensukseskan pemilihan kepala daerah yang akan digelar Rabu 27 November 2024 nanti.

Dihadapan ratusan peserta yang hadir Sebastianus Darwis menegaskan janjinya kepada masyarakat Desa Kamuh Kecamatan Tujuh Belas kedepannya apabila kembali terpilih maka akan meningkatkan pembangunan jalan di Kecamatan Tujuh Belas.

“Saya mengucapkan selamat atas terlaksananya kegiatan ritual adat Nyabangk Ba, Sawa di Dusun Semawing ini,” paparnya.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Tim Penggerak PKK Anita Darwis, Danlanud Harry Hadisoemantri Letkol Pnb Dion Aridito, Kapolsek Sanggau Ledo Ipda Rega Nuari Pratama.

Anggota DPRD Bengkayang Fraksi partai Demokrat Riyadi, Camat Tujuh Ali Ahmad, Ketua DAD Kecamatan Tujuh Belas Marlianus Duladi, Wakil Ketua DAD Kecamatan Tujuh Belas Antonius, Ketua DAD Kecamatan Sanggau Ledo Arief Rahman Hakim

Ketua DAD Desa Kamuh Ijas, Kepala Desa Kamuh Junaidah, Kepala Desa Pisak Rantau, Kepala Binua Sara Pangsin, Ketua Panitia Nyabangk Ba’ Sawa, Mikael dan seluruh tokoh Masyarakat Desa Kamuh Kecamatan Tujuh Belas.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS