Mudik Gratis Baznas Momentum Berbagi Kebahagiaan Menjelang Lebaran

Wakil Ketua Baznas Mokhamad Mahdum menyapa peserta mudik gratis di Halaman Gedung Baznas, Jakarta, Minggu (7/4/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/ANTARA

Suara Kalbar- Sebanyak 522 peserta mudik gratis dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mulai berangkat ke kampung halaman masing-masing.

Dilansir dari Antara, Wakil Ketua Baznas Mokhamad Mahdum menjelaskan kegiatan mudik gratis itu sebagai bentuk komitmen Baznas dalam membantu para mustahik atau orang-orang yang berhak menerima zakat.

“Hari ini Baznas membantu mudik gratis untuk para pejuang umat, para marbot, dan guru ngaji itu adalah asnaf fi sabilillah yang masuk dalam kategori mustahik, mereka berkontribusi nyata dalam syiar Islam maka harus dibantu,” kata Mokhamad pada pelepasan mudik gratis di Halaman Gedung Baznas, Jakarta, Minggu (7/4/2024).

Pelepasan peserta mudik gratis Baznas itu dihadiri oleh Mahdum, Deputi II Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Imdadun Rahmat, serta Direktur Pendistribusian BAZNAS RI Ahmad Fikri.

Mahdum berharap program mudik gratis dari dapat bermanfaat untuk para marbot dan guru ngaji, sehingga mereka bisa bertemu keluarga, orang tua, dan bersilaturahmi di kampung halamannya sekaligus merayakan momen Lebaran. Hal itu pula menjadi upaya Baznas dalam berbagi kebahagiaan kepada para donatur dan muzaki yang telah menitipkan dana zakat, infak sedekahnya.

“Kebahagiaan para marbot dan guru ngaji ini insya Allah akan menjadi kebahagiaan para muzaki dan donatur di BAZNAS,” kata Mahdum.

Sementara itu, Deputi II Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Imdadun Rahmat menjelaskan mudik gratis bersama Baznas itu melewati dua rute, yakni jalur utara dan selatan dengan tujuan delapan kota di provinsi Jawa Tengah.

“Ada 9 bus, 6 bus ke jalur utara, 3 bus ke jalur selatan, jalur utara akan ke Tegal, Pekalongan, Semarang dan Solo. Jalur rute selatan akan ke Cilacap, Kebumen, Purworejo, Yogyakarta,” ucapnya.

Sebelumnya, Baznas juga bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut dengan memberangkatkan 1.026 peserta mudik gratis menggunakan Kapal Perang KRI Banda Aceh-593 dengan tujuan Semarang, Jawa Tengah, dan Surabaya, Jawa Timur.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS