KPU Sanggau Gelar Rakor Pembentukan Badan Ad hoc

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sanggau. SUARAKALBAR.CO.ID/Darmansyah.

Sanggau (Suara Kalbar) -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sanggau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Badan Ad hoc Penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 serta sosialisasi terkait Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc (SIAKBA) di aula salah satu hotel Sanggau, Kamis (25/04/2024).

Turut serta dalam kegiatan tersebut perwakilan Forkompimda, Camat, Instansi terkait, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan, Paguyuban, Lembaga Swadaya Masyarakat, awak media serta undangan lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Iis Supianto menyampaikan Rakor ini digelar dalam rangka meminta saran dan masukan dalam membentuk badan ad hoc untuk Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Sanggau.

“Untuk calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada tahun 2024 dalam perekrutannya telah dibuka sejak tanggal 23 sampai 29 April 2024. Kemudian untuk pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan dibuka pada tanggal 9 Mei 2024 mendatang,”katanya.

Pada kesempatan tersebut Iis Supianto juga menyampaikan selama tahapan hingga pelaksanaan pemilu tahun 2024 lalu tidak ada permohonan sengketa, baik itu hasil Pilpres maupun Pileg di Kabupaten Sanggau.

“Dengan demikian pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di tempat kita ini berjalan dengan aman dan lancar,”ungkapnya.

Sebelum perekrutan badan ad hoc untuk Pilkada serentak tahun 2024 maka rakor ini dilakukan untuk meminta saran dan masukan kepada perwakilan stakeholder di Kabupaten Sanggau.

“Kita akan kembali merekrut PPK , PPS sampai KPPS dan rekrutmen ini terbuka untuk masyarakat umum dan nanti prosesnya juga diberlakukan sama dengan badan ad hoc yang lama jika mendaftar kembali, mulai dari penelitian administrasi, seleksi tertulis, tanggapan dan masukan dari masyarakat sampai di tahapan wawancara,” ujar Iis.

Iis Supainto mengajak kepada masyarakat Sanggau agar bersama – sama menyukseskan Pilkada Kabupaten Sanggau tahun 2024 ini untuk memilih calon kepala daerah baik itu berperan sebagai penyelenggara badan ad hoc maupun berpartisipasi untuk memilih.

“Dengan adanya kegiatan rapat koordinasi ini untuk mengajak masyarakat sanggau mendaftar sebagai badan ad hoc juga sebagai kesadaran masyarakat untuk menyukseskan pesta demokrasi Pilkada Kabupaten Sanggau tahun 2024 bisa meningkat,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS