News  

Kemenhub Lepas Keberangkatan 160 Bus Peserta Arus Balik Gratis Lebaran 2024

Suasana pengangkutan calon penumpang bus dalam program arus balik gratis Lebaran 2024 di Terminal Giwangan, Yogyakarta, Senin (15/4/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Humas Kemenhub. 

Suara Kalbar- Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan peserta arus balik gratis Lebaran 2024 dengan menggunakan 160 bus dari sembilan terminal.

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Suharto mengatakan arus balik gratis ini merupakan bagian dari keseluruhan rangkaian kegiatan mudik gratis angkutan jalan Lebaran yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Pemberangkatan arus balik gratis moda bus ini dilaksanakan dari sembilan terminal tipe A di lima provinsi yakni Provinsi DI Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan.

Kesembilan terminal tersebut adalah Bulupitu, Purwokerto; Mangkang, Semarang; Giwangan Yogyakarta; Tirtonandi, Solo; Giri Adipura, Wonogiri; Harjamukti, Cirebon; Purboyo, Madiun; Bungurasih, Surabaya; dan Alang-Alang Lebar, Palembang.

“Untuk yang pemberangkatan dari Terminal Giwangan Yogyakarta sebanyak 20 bus dengan kuota penumpang sebanyak 880 orang. Sedangkan, sisanya yaitu 140 bus diberangkatkan dari delapan terminal lainnya,” ujar Suharto dilansir dari Antara, Senin (15/4/2024).

Seluruh bus balik gratis itu diberangkatkan menuju lima terminal yakni Jatijajar, Depok; Pulogebang, Jakarta; Kp Rambutan, Jakarta; Poris Plawad, Tangerang; dan Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Sementara, untuk tujuh truk arus balik yang mengangkut 210 sepeda motor telah diberangkatkan terlebih dahulu pada Minggu (14/4/2024) menuju Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Suharto menilai program tersebut sangat membantu para pemudik utamanya bagi yang menggunakan sepeda motor. Karena berdasarkan data Korlantas Polri, angka kecelakaan pada momen Lebaran 2024 menurun 12 persen dibandingkan dengan periode Lebaran tahun sebelumnya.

“Itu artinya program seperti ini berperan mengurangi tingkat fatalitas kecelakaan,” jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS