Harry Daya, Wartawan Senior Ambil Formulir Calon Wako Pontianak di PDIP

Harry Daya, Wartawan Senior Ambil Formulir Calon Wako Pontianak di PDI Perjuangan. SUARAKALBAR.CO.ID/Ist

Pontianak (Suara Kalbar) – Harry Adryanto sosok Wartawan senior mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak di sekretariat DPC PDI Perjuangan Pontianak, Jumat (19/4/2024) pagi.

Calon Wali Kota Pontianak periode 2018-2023 ini didaftarkan oleh tim suksesnya atas desakan masyarakat yang menginginkannya menjadi pemimpin di Kota Pontianak ke depannya.

Bob Soeryadi, perwakilan tim sukses Harry Adryanto mengatakan, pengambilan formulir pendaftaran dilakukan hari ini, karena banyaknya masyarakat yang meminta agar Harry Adryanto dapat maju dalam kontestasi Pilwako Pontianak.

“Pengambilan formulir kali ini karena desakan masyarakat yang disampaikan kepada Kami. Sehingga tim mengambil formulir di DPC PDI Perjuangan Pontianak guna mendaftarkan Harry Adryanto atau yang akrab disapa Bang Harry Daya untuk maju di Pilwako,”ungkapnya dalam keterangan pers yang diterima Suarakalbar.co.id.

Sebelum mengambil formulir di sekretariat DPC PDI Perjuangan, tim sukses telah berkoordinasi dengan Harry Adryanto agar bersedia didaftarkan dalam bursa pencalonan Pilwako Pontianak.

“Jadi, sebelum ke sini. Saya dan teman-teman terlebih dahulu menanyakan ke Bang Harry Daya apakah bersedia didaftarkan, dan alhamdulillah ternyata Bang Harry Daya mau menerima mandat dari masyarakat yang mendukungnya,” ujar dia.

Pengambilan formulir pendaftaran ini sebagai bentuk keseriusan Harry Adryanto untuk berpartisipasi dalam pembangunan Kota Pontianak ke depannya.

Ia pun berharap agar PDI Perjuangan dapat memberikan rekomendasi kepada Harry Adryanto untuk berpartisipasi dalam Pilwako Pontianak.

“Tentunya, Kami sangat berharap agar ada rekomendasi dan dukungan dari PDI Perjuangan, sehingga Bang Harry Daya dapat berpartisipasi dalam Pilkada serentak di tahun 2024,” ujarnya.

Salah seorang tokoh pemuda Kota Pontianak, Yudo Irianto mengatakan, bahwa sosok Harry Adryanto pantas menjadi pucuk pimpinan di Kota Pontianak, karena dinilainya dekat dengan masyarakat, dan paham dengan seluk beluk Kota Pontianak.

“Pastinya, beliau tahu cara membangun Kota Pontianak agar bisa maju sama dengan kota-kota besar lainnya. Untuk itulah, masyarakat tentunya berharap agar Harry Daya mendapatkan dukungan dari sejumlah partai politik,” ucap dia.

Sedangkan, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Pontianak Satarudin menyebut, penjaringan ini dilakukan untuk memilih figur-figur calon pemimpin potensial yang pantas dicalonkan dalam Pilwako Pontianak 2024.

Hingga saat ini, sudah ada 14 calon yang telah mengambil formulir pendaftaran di sekretariat DPC PDI Perjuangan. Namun, yang baru mengambil formulir hanya calon petahana.

“Hari ini sampai dengan jam 5 sore kita masih pembukaan pendaftaran. Pendaftaran ditutup nantinya tanggal 30 April 2024. Jadi, 15-30 April itu proses pengembalian berkas saja, habis itu baru masuk ketahap verifikasi berkas,” ucap dia.

Ditahap verifikasi, nantinya akan dicek kembali berkas yang telah dikembalikan oleh bakal calon kandidat. Kemudian berkasnya diajukan ke DPD dan seterusnya ke DPP PDI Perjuangan.

“Namun, sambil berjalannya verifikasi berkas, Kami juga tetap menunggu hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei nasional. Kalau, survei internal sendiri sudah selesai dilakukan,” ujar dia.

Harry Adryanto mengatakan, dirinya mendaftar karena untuk menyampaikan aspirasi masyarakat yang mendukungnya sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak. Dimana, ia tentunya memiliki niat untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat.

“Desakan dari masyarakat terus berdatangan dan semakin kuat. Maka dari itu, barulah Saya mendaftar ke PDI Perjuangan Kota Pontianak,” ucap dia.

Dikatakannya, memiliki niat maju di Pilkada 2024 karena berkaca pada pengalaman sebagai calon Wali Kota Pontianak pada periode sebelumnya. Selain itu, juga ada dorongan maupun suara-suara yang menginginkannya agar tampil dan berpartisipasi mengisi pembangunan di Kota Pontianak.

Dirinya berharap dengan mendaftar di PDI Perjuangan, ia bisa mendapatkan dukungan dari partai berlambang banteng moncong putih tersebut, begitu juga dengan partai-partai politik lainya.

“Saat ini untuk wakil masih dalam penjajakan, dan ini tentunya kembali kepada masyarakat. Mungkin lebih baik apakah sebagai bakal calon Wali Kota atau Wakil Wali Kota, intinya saya kembalikan ke partai dan masyarakat,” pungkas dia.

Seperti diketahui, Harry Adryanto adalah mantan wartawan senior majalah dan koran Tempo. Ia merupakan calon Wali Kota Pontianak periode 2018-2023 dengan total perolehan 54.600 suara. Selain itu, ia juga adalah anggota DPRD Kota Pontianak periode 2014-2019 dari Partai Persatuan Daerah.

Saat ini, ia merupakan Pemimpin Redaksi Harian Suara Pemred, Mustasyar PWNU Kalbar, pengurus KONI, Ketua Pembina Pemadam Kebakaran BPAS Kalbar, Dewan Kehormatan HIPMI Kalbar, Sekretaris Hiswana Migas Kalbar dan pengurus MABM Kalbar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS