Asesment Sumatif bagi Siswa di Singkawang Akan Digelar

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang Asmadi.

Singkawang (Suara Kalbar)- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang Asmadi mengatakan pelaksanaan asesment sumatif di satuan pendidikan di Kota Singkawang mulai dari SD hingga SMP akan segera dilaksanakan.

“Sebelum asesment sumatif, masyarakat dan orang tua mengenal Ujian Nasional, namun sejak 2021 dan sesuai edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 maka UN sudah ditiadakan,” ujar Kadisdikbud Kota Singkawang Asmadi.

Dia menjelaskan saat ini terjadi perubahan dari kurilum K 13 menjadi Kurikulum Merdeka. “Perubahan kurikulum saat ini memberikan keluluasaan kepada peserta didik dan menciptakan pembelajaran sesuai kebutuhan dan lingkungan belajar serta memperhatikan kearifan lokal,” jelasnya.

Asmadi mengatakan bahwa peserta didik dinyatakan lulus jika menyelesaikan seluruh program pembelajaran dan penilaian sumatif di satuan pendidikan dimana peserta didik tersebut bersekolah.

Asesment sumatif kata Asmadi, diantaranya assesment unjuk performa yang diselenggarakan pada 22-26 April 2024 dan pelaksanaan assesment tertulis secara tertulis pada 13-17 Mei 2024.

“Jadi proses pembelaaran dapat juga lebih dari dua hingga tujuan pembelajaran sesuai pertimbangan pendidik dan satuan pendidikan,” jelasnya.

Sehubungan dengan persiapan asesment sumatif, jelas Asmadi, yang harus ditempuh siswa-siswi kita. “Oleh sebab itu kita mengimbau seluruh orangtua anaknya di rumah untuk mempersiapkan asesment sumatif,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS