Masyarakat Adat Sintang Gelar Ritual Adat Kurung Semangat 

Ritual Adat Kurung Semangat di Betang Tampun Juah Jerora Satu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Kamis (7/3/2024)..SUARAKALBAR.CO.ID/Kominfo Sintang. 

Sintang (Suara Kalbar)- Masyarakat adat di Kabupaten Sintang laksanakan Ritual Adat Kurung Semangat di Betang Tampun Juah Jerora Satu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Kamis (7/3/2024).

Ritual adat itu juga dihadiri Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno didampingi Wakil Bupati Sintang Melkianus dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Kartiyus berserta masyarakat adat di Kabupaten Sintang.

Melkianus Wakil Bupati Sintang mewakili Pemerintah Kabupaten Sintang memberikan apresiasi atas terlaksananya Ritual Adat Kurung Semangat yang bertujuan mempersatukan semua kalangan dan menjaga keharmonisan masyarakat Kabupaten Sintang.

“Ritual adat kurung semangat yang saya ketahui bertujuan mengembalikan semangat para pemimpin dan kita semua. Ini bentuk niat baik kita bersama. Kami menghargai dan menghormati kegiatan ini,” kata Melkianus.

Menurutnya, kejadian hari itu bisa dijadikan tonggak sejarah untuk mengingatkan kita bersama untuk saling menghargai dan menghormati siapapun, serta suku dan agama apapun yang tinggal di Kabupaten Sintang.

Dia menegaskan bahwa Kabupaten Sintang adalah rumah bersama. Maka tidak ada satu suku atau agama yang menjadi skala prioritas, akan tetapi semuanya sama. Karena semuanya adalah bagian dari NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Kalau ada selisih paham, saya berharap dan berpesan agar ke depan kita bisa duduk bersama dan berdiskusi. Kita lawan siapapun yang ingin mengganggu Kabupaten Sintang. Kita mau Sintang ini tetap damai, penyampaian aspirasi, kita hargai. Namun, kami harus bijak dan adil dalam mengambil keputusan,” jelas Melkianus.

Dia menegaskan bahwa kegiatan tersebut bukanlah sebagai hukum adat tetapi murni ritual adat kurung semangat untuk mewakili masyarakat dalam menjaga kedamaian. Sehingga Sintang tetap damai dan menjadi rumah besar untuk kita semua.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS