Ibu Muda di Pontianak Ubah Roti Jala jadi Buket Bunga

Cintia Oktavia saat menunjukan roti jala buatannya yang diubah menjadi buket bunga di Pontianak, Minggu (3/3/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Yati.

Pontianak (Suara Kalbar) – Roti Jala merupakan camilan tradisional yang kerap disantap dengan kuah kari dan menjadi salah satu makanan yang berasal dari masyarakat Melayu di Sumatera Utara. Hidangan ini juga banyak ditemui di Riau.

Roti jala pula lah yang membuat Cintia Oktavia Ibu muda asal Kota Pontianak kini berkecimpung memproduksi kue lokal tersebut, berawal dari menjelajah sosial media dan menemukan proses produksi roti jala Cintia pun mulai memberanikan diri membangun bisnis jajanan tersebut.

“Awalnya saya melihat satu video pembuatan roti jala saya tertarik dan mencari tahu resep dan cara pembuatan roti tersebut dan kemudian saya modifikasi,”ujar Cintia Minggu (3/3/2024) sore.

Cintia menjelaskan jika melihat bentuk roti jala yang biasa saja, menarik inovasi dirinya untuk membuat kue tersebut menarik dan memiliki daya jual tinggi, alhasil dirinya membuat roti jala dan mengkreasikanya seperti bucket bunga dengan berbagai warna namun tetap menggunakan bahan dasar yang sama.

“Untuk bahan dasar masih sama seperti roti jala yang original, dan saya hanya memadu padankan warna sesuai permintaan konsumen seperti warna bunga,” katanya.

Cintia mengaku roti jala asal pontianak yang dibuat seperti bucket bunga cocok menjadi hampers atau kado ulang tahun, dipadukan dengan kuah kari atau susu kental manis saat momen- momen seperti hari besar keagamaan dan penerimaan rapot pesanan cukup tinggi.

“Roti jala ini hanya bertahan 24 jam, jika di suhu ruangan namun bila disimpan di lemari pendingin saat akan di konsumsi baiknya di kukus terlebih dahulu,” paparnya.

Konsumen yang ingin memesan roti jala buatanya biasa melakukan pemesanan beberapa hari sebelumnya agar memudahkan proses produksi dan tidak tergesa – gesa, setiap roti jala buatanya di bandrol dengan harga Rp 38 ribu hingga Rp 180 ribu sesuai ukuran.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS