Dua Desa di Sambas Terendam Banjir

Banjir yang melanda Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas mengalami banjir pada Jumat (1/3/2024) malam. SUARAKALBAR.CO.ID/HO.BPBD Kalbar.

Pontianak (Suara Kalbar)- Tiga dusun atau dua desa di Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas mengalami banjir pada Jumat (1/3/2024) malam.

Ketua Satgas Informasi Daniel mengatakan ada sejumlah titik yang terendam banjir di Sambas yakni 2 PLBN Aruk, Dusun Aruk dan Dusun Aping Desa Sebunga Dusun Sungai Enau Desa Kaliau Kecamatan Sajingan Besar.

“Curah hujan yang lebat terjadi pada tanggal 1 Maret 2024 pukul 22.00 WIB menyebabkan banjir dan mulai menenggelamkan rumah warga pada pukul 04.00 WIB,” ujar Daniel Minggu (3/3/2024).

Daniel menjelaskan namun banjir berangsur surut pada tanggal 2 Maret 2024 hingga pukul 09.00 WIB dan surut total pukul 10.00 WIB. Sampai dengan saat monitoring ini air tidak bertambah dan dinyatakan telah surut.

“Terdapat 50 rumah yang terendam di Dusun Aruk termasuk Pos Pamtas, dan Wisma Indonesia, dengan ketinggian air 50cm dari atas lantai bangunan. Selanjutnya Dusun Sungai Enau 150 KK jumlah jiwa 609 jiwa, rumah terendam 150 rumah, dengan ketinggian air hingga 120 cm di atas permukaan tanah,” katanya.

Pasca banjir BPBD Sambas telah melakukan koordinasi terpadu dengan pihak desa dan kecamatan terkait imbauan pencegahan banjir kepada warga, tidak hanya itu PLN melakukan pemadaman listrik di sekitar TKP agar tidak membahayakan masyarakat.

“Akibat banjir pula ada longsoran di tebing Bukit Mungguk Tempayan, depan SPBU Aruk sedikit menutupi jalan poros,” katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS