Ruas Jalan Provinsi di Tumbang Titi-Tanjung Ketapang Rusak Parah

Dua unit mobil berusaha melintasi kubangan lumpur di Jalan provinsi Tumbang Titi - Tanjung Kabupaten Ketapang, Sabtu (17/2/2024). [HO-Suaraketapang]

Ketapang (Suara Kalbar) – Ruas jalan provinsi di Tumbang Titi-Tanjung Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat kini rusak parah. Kondisinya penuh lumpur. Akibatnya banyak kendaraan yang amblas hingga menghambat kelancaran transportasi.

Akses jalan dengan kubangan lumpur  berdiameter yang sangat besar itu pun membuat pengguna jalan resah. Antrean kendaraan mengular hingga 1 kilometer untuk menunggu giliran melintasi titik kerusakan jalan terparah.

“Titik yang terparah di Kekura, Kecamatan Tumbang Titi, banyak mobil yang terjebak, tak mampu melintasi lumpur,” ujar Tarsius, salah seorang pengendara kepada suaraketapang, Sabtu (17/2/2024) sore.

Sebuah mobil box terguling karena tak mampu menahan keseimbangan kendaraan di Jalan Tumbang Titi-Tanjung Kabupaten Ketapang, Sabtu (17/2/2024). (Ist)

Guna melepaskan badan mobil dari cengkraman lumpur, mobil-mobil yang amblas tersebut terpaksa ditarik dengan alat berat. Tak sekadar amblas, sejumlah mobil bahkan sampai ada yang terguling akibat tak mampu menahan keseimbangan kendaraan.

Ratusan kendaraan mengular hingga 1 kilometer akibat jalan yang rusak parah di Jalan Tumbang Titi-Tanjung, Sabtu (17/2/2024) sore. (Ist)

“Kondisi ini sudah berlangsung sejak tiga pekan terakhir, kalau hujan turun, jalan berlumpur makin parah,” ujarnya.

 

Warga meminta jalan tersebut segera diperbaiki karena  satu-satunya akses keluar masuk dari sejumlah kecamatan di perhuluan ke Ibu kota Kabupaten Ketapang. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut bukan tidak mungkin lokasi di daerah tersebut bakal terisolir.

“Tidak ada jalan alternatif, sampai kapan harus begini, kami harap paling tidak ada penanganan darurat agar tidak menyulitkan masyarakat,” pintanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS