Riwayat Pendidikan dan Prestasi Akademik AHY Sebelum Membawa Namanya ke Dunia Politik

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi istri dan anak, Annisa Pohan dan Almira Tunggadewi Yudhoyono, di Istana Negara Jakarta, Selasa, 21 Februari 2024. (Beritasatu.com/Ichsan Ali)

Jakarta (Suara Kalbar)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Demokrat, sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional. Selain itu, Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto juga dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

AHY, sebelum terjun ke dunia politik dan memimpin Partai Demokrat, memiliki karier militer yang gemilang. Ia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) pada tahun 2000 dengan predikat terbaik dan pernah meraih Bintang Adhi Makayasa.

Karier Militer AHY
Setelah lulus Akmil, AHY langsung bergabung dengan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Pada 2006, Suami Annisa Pohan ini bertugas menjadi perwira seksi operasi Kontingen Garuda XXIII-A di perbatasan Israel dan Lebanon Selatan. Setelah itu, AHY ditugaskan sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203 Arya Kemuning.

Namun, berita mengejutkan muncul dari dirinya, pada 2016 lalu, AHY yang berpangkat Mayor mengundurkan diri dari TNI. Setelah mundur dari kedinasan militer, anak sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini memulai langkah politiknya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017 bersama Sylviana Murni. Sayangnya, suara yang diperoleh AHY-Sylviana gagal membawa keduanya menduduki Balai Kota.

AHY Meraih 3 Gelar Master
Tidak hanya di dunia militer, dikutip dari situs resmi www.demokrat.or.id, AHY berhasil meraih tiga gelar pendidikan master, yaitu Master of Science in Strategic Studies di Nanyang Technological University, Singapura pada 2006, Master in Public Administration di Harvard University, Amerika Serikat (AS) pada 2009, dan Master of Arts in Leadership and Management di Webster University, AS pada 2014.

Saat lulus sebagai Master of Arts in Leadership and Management di Webster University, AHY meraih prestasi luar biasa yaitu Summa Cum Laude dengan IPK 4.00 atau sempurna. Pada tahun yang sama, ia juga berhasil meraih predikat Summa Cum Laude dari US Army Command and General Staff College di Fort Leavenworth, Kansas, AS.

Profil Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono
Nama Lengkap: Agus Harimurti Yudhoyono
Tempat Tanggal Lahir: Bandung, 10 Agustus 1978
Istri: Annisa Pohan
Orang Tua: Susilo Bambang Yudhoyono (Bapak), Kristiani Herrawati (Ibu)
Anak: Almira Tunggadewi Yudhoyono
Pendidikan: SMA Taruna Nusantara, Akademi Militer, Nanyang Technological University, Harvard University, Webster University.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS