Dunia  

NASA Peringatkan Asteroid Seukuran Lapangan Sepak Bola Mendekat ke Bumi

Ilustrasi asteroid (Ria Novosti)

Suara Kalbar  – NASA mengeluarkan peringatan tentang keberadaan asteroid seukuran lapangan sepak bola yang akan mendekati Bumi pada Jumat (2/2/2024). Asteroid 2008 OS7 diklasifikasikan sebagai berpotensi berbahaya dan diprediksi mendekat dalam jarak 1,7 juta mil dari Bumi, sekitar tujuh kali lebih jauh dari Bulan. NASA memasukkannya ke dalam potensi bahaya, dan para ahli terus memantau pergerakannya.

Meski tampaknya masih jauh, jaraknya cukup dekat bagi NASA untuk memasukkannya ke potensi bahaya, dan para ahli akan terus mencermati pergerakan benda langit tersebut.

Hal ini dianggap berpotensi berbahaya karena letaknya cukup dekat dengan Bumi, dan dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan jika menghantam Bumi.

Diperkirakan, hantaman asteroid berdiameter 1.500 kaki yang jatuh di sebuah kota akan menyebabkan kawah selebar 11 mil, yang langsung menguapkan lebih dari 2 juta orang. Dampaknya setara dengan 141 gigaton TNT, dan bola api yang dilepaskan akan membunuh 11 juta orang.

Dr Minjae Kim, peneliti di departemen fisika Universitas Warwick meminta masyarakat supaya tak terlalu khawatir karena asteroid ini tidak akan memasuki atmosfer bumi, tetapi akan tetap mendekat.

“Ada jutaan asteroid di tata surya kita, dan sekitar 2.350 asteroid di antaranya diklasifikasikan berpotensi berbahaya. Salah satu aspek yang paling menarik dari OS7 2008 adalah perkiraan diameternya berdasarkan luminositas dan sifat reflektifnya, yang berkisar antara 725 kaki hingga 1,622 kaki. Ini menempatkannya dalam kategori asteroid berukuran kecil hingga sedang, kira-kira setara dengan ukuran lapangan sepak bola,” ujar Kim melansir dari Beritasatu.com, Jumat(2/2/2024).

Kebanyakan asteroid dan komet memiliki orbit yang tidak terlalu dekat dengan Bumi, dan mereka hanya digolongkan berbahaya jika berada dalam jarak 4,6 juta mil dan berukuran lebih besar dari 460 kaki.

Pendekatan signifikan berikutnya ke Bumi oleh asteroid yang berpotensi berbahaya akan terjadi pada 14 April 2029 mendatang, oleh keberadaan asteroid 99942 Apophisis.

Pesawat luar angkasa Osiris-Apex milik NASA saat ini sedang menuju ke asteroid tersebut untuk mempelajari perubahan fisik yang diakibatkan oleh pertemuan dekatnya dengan Bumi.

Apophis juga diperkirakan berada sangat dekat dengan Bumi pada tahun 2068, tetapi para ahli telah merevisi perhitungan mereka dan tidak lagi melihatnya sebagai risiko.

Secara total, lima objek akan melintas dekat Bumi antara sekarang dan Jumat besok, dengan empat objek lainnya berdiameter antara 63 kaki dan 120 kaki.

Asteroid yang paling dekat adalah 2024BJ3, yang kira-kira seukuran pesawat terbang, dan akan berjarak 533.000 mil pada Jumat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS