KPU Kubu Raya dan Polres Kolaborasi Gelar Simulasi Tahapan Pemilu 2024

Kapolres Kubu Raya AKBP Wahyu Jati Wibowo saat menjelaskan terkait pengamanan proses pemungutan suara (SUARAKALBAR.CO.ID/Iqbal Meizar)

Kubu Raya (Suara Kalbar) – Polres Kubu Raya menggandeng KPU Kubu Raya untuk mensimulasikan tahapan pemungutan suara pemilu 2024 sebagai bekal pengetahuan 358 personil Operasi Mantap Brata Kapuas 2023-2024 Polres Kubu Raya dalam pelaksanaan pengamanan TPS pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang.

Simulasi tahapan pemungutan suara pemilu tersebut digelar di lapangan apel Mapolres Kubu Raya Jalan Mayor Alianyang Desa Durian Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo mengatakan, simulasi tahapan pemungutan suara pemilu 2024 ini bertujuan memberikan gambaran kepada personil yang terlibat pengamanan melekat di TPS sehingga mengetahui job description pada saat mengamankan tahapan pemungutan suara pemilu.

“Simulasi ini sangat penting untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan serta pemahaman personil saat melakukan pengamanan pemungutan suara pemilu 2024 yang akan dilaksanakan oleh masyarakat di TPS, kalau personil yang melaksanakan pengamanan TPS sudah memahami pastinya tahapan pemungutan suara akan berjalan dengan aman dan personil mengetahui job descriptionnya,” ucap Wahyu seusai simulasi dilakukan di halaman Polres Kubu Raya pada Rabu (7/2/2024).

Kemudian Wahyu menyebut, personil Polri tidak boleh mendokumentasikan Form C-1 dan area TPS guna menjaga Netralitas Polri pada pemilu tahun 2024.

“Jangan melakukan suatu tindakan yang dapat mencerminkan bahwa petugas Polri yang melakukan pengamanan TPS tidak Netral terkait dinamika politik ataupun proses pemungutan surat suara,” ungkap Wahyu.

Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya, Karyadi menjelaskan, ketentuan dan tahapan pemungutan suara pemilu 2024 yang akan dilaksanakan oleh masyarakat sehingga peran Kepolisian dalam melakukan pengamanan di lokasi TPS sesuai prosedur.

“Semoga dengan simulasi pungut hitung di lokasi TPS atas kerjasama kami dengan Polres Kubu Raya dapat memberikan pemahaman dan informasi tahapan pemungutan suara di TPS dalam proses pengaman yang akan dilakukan pihak Kepolisian,” sebut Karyadi.

Lebih lanjut, Karyadi mengatakan, simulasi ini adalah merupakan bentuk kerja sama KPU dan Polres Kubu Raya dalam mengamankan proses pemungutan agar dapat menciptakan situasi yang kondusif.

“Ini adalah bentuk kerjasama KPU Kabupaten Kubu Raya dengan pihak Kepolisian Polres Kubu Raya dalam proses pengamanan tahapan pemilu 2024,” pungkas Karyadi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS