Google Chrome Siapkan Fitur Baru untuk Mencegah Peretasan Berbahaya

laman Google Chrome.[HO-Google]

Jakarta (Suara Kalbar)- Google Chrome akan segera memperkenalkan fitur baru yang bertujuan untuk menghalangi upaya peretasan berbahaya di jaringan internet. Fitur terbaru ini akan memeriksa sumber koneksi situs web guna mencegah akses yang tidak sah ke perangkat pengguna.

Melansir dari Beritasatu.com, Senin(19/2/2024), fitur ini akan memberikan peringatan kepada pengguna terkait koneksi dan kemungkinan akan berkembang menjadi pemblokiran otomatis.

Browser merupakan pintu gerbang antara pengguna dan internet, oleh karena itu harus dilengkapi dengan lapisan pertahanan yang kuat untuk mencegah peretas mendapatkan akses ke perangkat dan jaringan. Dalam rangka meningkatkan keamanan, Google pun melakukan peningkatan pada Chrome.

Menurut situs status platform Chrome, pembaruan mendatang akan menambahkan fitur baru yang akan melakukan pemeriksaan cepat sebelum mengizinkan akses situs web ke perangkat jaringan pengguna.

Jika situs web mencoba terhubung ke perangkat di jaringan rumah pengguna, Chrome akan memastikan bahwa permintaan tersebut berasal dari sumber yang aman dan perangkat mengizinkan koneksi. Jika diterapkan dengan benar, hal ini akan mencegah peretas menjangkau perangkat di jaringan rumah pengguna melalui situs web.

Namun, fitur ini mungkin akan memblokir koneksi yang sah dan diinginkan, bukan hanya koneksi berbahaya. Oleh karena itu, Google akan menguji teknologi tersebut terlebih dahulu agar dapat mendeteksi koneksi dan menampilkan peringatan alih-alih langsung memblokir.

Setelah semua bug diatasi dan pengembang telah menyesuaikan aplikasi agar berfungsi dengan teknologi baru, Google kemungkinan akan mengizinkan teknologi tersebut untuk mulai memblokir koneksi ini.

Namun, sampai fitur ini rilis, ada baiknya pengguna bisa menjelajah dengan cerdas dan menggunakan antivirus yang bagus untuk menjaga keamanan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS