Festival Cap Go Meh Pontianak Digelar 18-24 Februari 2024

Foto bersama usai rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka Festival Cap Go Meh di Pontianak. SUARAKALBAR.CO.ID/Kominfo

Pontianak (Suara Kalbar)– Perayaan Festival Cap Go Meh Pontianak 2024 siap digelar dari tanggal 18-24 Februari di Jalan Diponegoro Pontianak, Kalimantan Barat.

Berbagai hiburan hingga wisata kuliner akan mewarnai rangkaian acara Cap Go Meh pada tahun 2024 ini. Namun untuk arak-arakan naga dan barongsai ditiadakan berdasarkan hasil kesepakatan bersama panitia dan Kepolisian.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak Mulyadi, berharap ke depan kemeriahan perayaan Cap Go Meh dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kota Pontianak.

“Kita fokuskan untuk kegiatan seni, dalam arti seperti lomba melukis anak-anak, kemudian gelaran budaya di pentas sekitaran Jalan Diponegoro nanti. Pesan saya jaga ketertiban dan keamanan bersama,” katanya usai memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Festival Cap Go Meh 2024, di Ruang Rapat Kantor Wali Kota, Rabu (7/2/2024).

Mulyadi menilai, rundown acara yang disediakan panitia sudah bagus. Ia optimis jika Kota Pontianak sering menggelar event kreatif serupa akan meningkatkan retribusi dengan menambah hunian hotel, begitu juga dengan makanan. Maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pontianak dapat terus meningkat.

Sementara itu, Hendry Pangestu Lim, Ketua Panitia Cap Go Meh 2024 menjelaskan, pembukaan perayaan Cap Go Meh akan dilaksanakan pada tanggal 18 Februari. Adapun alasan ditiadakannya arak-arakan naga dan barongsai sebagai bentuk penghormatan penyelenggaraan pesta demokrasi.

Meski begitu, masyarakat Kota Pontianak masih dapat menikmati berbagai hiburan seperti aksi bela diri, grup musik, karaoke, dan lainnya. Dia optimis, kunjungan wisatawan ke Kota Pontianak tetap tinggi karena keragaman kuliner dan suasana Tahun Baru Imlek yang selalu meriah setiap tahunnya.

“Mudah-mudahan mengobati kerinduan warga Pontianak terhadap semarak Cap Go Meh,” ujarnya selaku Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kota Pontianak.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS