Dukung Pembangunan Desa, Wabup Sintang Minta Kades Jalin Komunikasi dengan Semua Pihak

Wabup Sintang, Melkianus saat membuka kegiatan Musrenbang Kecamatan Binjai Hulu. SUARAKALBAR.CO.ID/Kominfo Sintang

Sintang (Suara Kalbar) – Seluruh kecamatan di Kabupaten Sintang sudah menyelesaikan musrenbang tingkat kecamatan. Melkianus, Wakil Bupati Sintang sebut musrenbang kabupaten akan digelar pada Maret 2024.

Hal itu disampaikan Melkianus saat membuka kegiatan Musrenbang Kecamatan Binjai Hulu menyampaikan rasa senangnya karena 14 kecamatan sudah selesai melaksanakan musrenbang.

“Saya hadir di 14 kecamatan yang melaksanakan musrenbang, dan selanjutnya 6 Maret 2024, kita akan melaksanakan musrenbang tingkat Kabupaten Sintang,” terang Melkianus.

Dalam setiap kali musrenbang kecamatan, Melkianus selalu mengingatkan agar kades tidak bosan mengusulkan program prioritas pembangunan di desanya melalui musrenbang. Mengingat yang dimasukan ke dalam musrenbang saja belum tentu diakomodir, terlebih aspirasi yang tidak masuk ke dalam usulan musrenbang.

“Kalau kita memperhatikan usulan 391 desa dan 16 kelurahan, maka kita perlu 4 triliun per tahun hanya untuk membangun. APBD Sintang itu paling besar untuk belanja pegawai. Jumlah ASN kita 5.000 an orang. Begitu juga honorer kita juga 5.000 an oran,” jelas Melkianus.

Melkianus juga menyarankan agar kades dapat menjalin komunikasi yang baik dengan anggota DPRD Sintang, Provinsi dan Pusat. Mengingat pokok pikiran (pokir) anggota dewan itu sah dan sesuai dengan undang-undang.

“Jalin juga komunikasi dengan investor, bisa mendapatkan alokasi CSR yang diperuntukan pembangunan di desa. Usulan desa juga wajib dientri di aplikasi SIPD dan disampaikan saat reses anggota dewan. Bisa juga melakukan komunikasi dengan pimpinan OPD di Pemkab Sintang,” jelas Melkianus.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS