Dinas KP Sintang Teken MoU Dengan SDN 1 Sintang Dampingi Pengelolaan Perpustakaan

Penandatanganan MoU Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sintang, Setina dan Kepala SDN 01 Sintang, Junaidah di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sintang, Selasa (27/2/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Kominfo Sintang

Sintang (Suara Kalbar) – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sintang, jalin kerjasama dengan SDN 01 Sintang dalam rangka pendampingan pengelolaan perpustakaan.

Kerjasama itu ditunjukkan dalam bentuk penandatanganan kerjasama oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sintang, Setina dan Kepala SDN 01 Sintang, Junaidah di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sintang, Selasa (27/2/2024).

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan, Setina menjelaskan bahwa dengan perjanjian kerjasama ini, pihaknya akan rutin menempatkan mobil perpustakaan keliling kami di halaman SDN 01 Sintang.

“Selain itu, kami juga akan melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap pengelolaan perpustakaan di SDN 01 Sintang. Sehingga ke depan pengelolaan perpustakaan sekolah semakin baik, menarik dan minat baca anak sekolah juga semakin meningkat,” terang Setina.

Pihaknya juga bisa meminjamkan koleksi buku yang ada di perpustakaan daerah ke SDN 01. Mengingat jumlah koleksi buku di perpustakaan sekolah itu tidak banyak. Nantinya dari dinas akan meminjamkan satu bulan atau tiga bulan, dengan harapan jumlah anak-anak yang mau membaca buku semakin banyak.

“hingga hari ini, sudah puluhan sekolah yang sudah menandatangani perjanjian kerjasama dengan kami. Bahkan ada perguruan tinggi juga,” lanjut Setina.

Sementara itu, Junaidah Kepala SDN 01 Sintang, menyampaikan rasa senangnya bisa bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sintang dalam hal pendampingan pengelolaan perpustakaan daerah dengan tujuan meningkatkan dan memperkuat budaya membaca di kalangan pelajar SD.

“Kami ada perpustakaan sekolah. Tapi memang koleksi bukunya terbatas, dan hari ini selain penandatangan perjanjian kerjasama, kami juga membawa anak-anak kelas 3 dan 4 untuk mengunjungi perpustakaan daerah Kabupaten Sintang,” kata Junaidah.

Dia berharap ke depan anak-anak SDN 01 akan semakin banyak yang mau membaca buku. Dia ingin satu anak bisa membaca minimal 2 judul buku, memahami isinya dan bisa menceritakan kembali isi buku tersebut.
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS