CEK FAKTA: Ganjar Sebut Kurang Lebih Ada 12000 Desa Blank Spot

Tangkapan layar, calon Presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo dalam debat terakhir calon presiden (capres) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu (4/2/2024).SUARAKALBAR.CO.ID/Wulan

Suara Kalbar- Calon presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo membahas tentang ketimpangan digital di Indonesia. Dalam pertanyaannya kepada capres 02 Prabowo Subianto, Ganjar menyebut bahwa ada kurang lebih 12000 desa masih blank spot.

“Ada kurang lebih 12000 desa yang masih blank spot. Padahal kita ingin mendigitalisasi banyak hal untuk memberikan fasilitas,” kata Ganjar dalam debat terakhir calon presiden (capres) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu (4/2/2024).

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran ditemukan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI), melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI), sudah menyusun rencana strategis roadmap spektrum 5G untuk tahun 2020 – 2024 guna memenuhi kebutuhan spektrum jaringan 5G di Indonesia.

Selain menyusun roadmap spektrum frekuensi radio untuk mendukung pengembangan jaringan 5G tersebut, Ditjen SDPPI juga turut mendukung program prioritas Kementerian Kominfo dalam mengakselerasi pemerataan infrastruktur digital yang inklusif di seluruh wilayah Indonesia untuk memberantas blank spot akses Internet di 12.548 desa.

Dimulai sejak tahun 2020 dan ditargetkan selesai di tahun ini, sebagian besar dari 12.548 desa tersebut (73%) berada di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

“Di desa-desa ini, pemerintah mengeluarkan anggaran negara yang cukup besar untuk menggelar infrastruktur digital berupa BTS 4G. Selanjutnya, di 3.435 desa (27% sisanya) yang berada di wilayah non-3T, seluruh operator seluler bahu-membahu membangun BTS 4G untuk tujuan yang sama,” ucap Direktur Penataan Sumber Daya, Denny Setiawan, pada sidang The 19th Meeting of The Joint Committee on Communications (JCC) antara Indonesia dengan Malaysia, Kamis (15/9/22).

Tidak hanya itu, Kementerian Kominfo juga telah menelurkan terobosan kebijakan pengalihan hak penggunaan spektrum frekuensi radio.

Kesimpulan

Penyataan Ganjar terkait ada kurang lebih 12000 desa masih blank spot adalah benar.

Rujukan

https://sdppi.kominfo.go.id/berita-ditjen-sdppi-paparkan-upaya-hapus-blank-spot-dan-terobosan-kebijakan-frekue-27-5710

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS