Yohanes Ontot Minta Semua Kepala OPD bersama Atasi Banjir di Sanggau

Yohanes Ontot memimpin Rakor Batingsor di Aula Lantai 2 kantor Bupati Sanggau, Senin (22/1/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Darmansyah.

Sanggau (Suara Kalbar) – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sanggau Yohanes Ontot meminta kepada semua Kepala OPD agar bisa bersama-sama untuk menanggulangi bencana banjir yang saat ini sudah menggenangi di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau.

Hal disampaikannya saat mengelar rapat koordinasi (rakor) dalam rangka penanganan banjir dan juga dihadiri perwakilan Forkopimda serta instansi terkait di Aula Lantai 2 Kantor Bupati Sanggau, Senin (22/1/2024).

“Jadi kita berharap semua OPD dan juga para pejabat yang ada untuk saling berkoordinasi untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul akibat bencana banjir yang telah berdampak pada 559 rumah warga dengan 3.511 warga,”ujar Ontot.

Yohanes Ontot mengatakan Pemerintah Kabupaten Sanggau pada beberapa waktu lalu sudah mengeluarkan surat edaran yang menyatakan setatus Siaga Darurat bencana banjir, puting beliung dan tanah longsor (Batingsor).

“Kabupaten Sanggau ini sudah merupakan wilayah dengan tingkat kerawanan terjadinya bencana alam atau batingsor,” paparnya.

Sementara itu Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau Budi Darmawan menyampaikan intensitas hujan yang terjadi di Kabupaten Sanggau di bulan Januari 2024 dengan intensitas sedang sampai deras disertai angin kencang.

“Dengan status siaga darurat Batingsor di Kabupaten Sanggau BPBD telah melakukan kerja nyata diantaraya, rapat koordinasi penanganan dan meningkatkan koordinasi komunikasi antara lembaga dan stekholder terkait dalam mengatasi lumbung sosial di tiap tiap kecamatan,” paparnya.

Menurut Budi Darmawan informasi yang diterima dari BMKG Provinsi Kalimantan Barat itensitas hujan akan terus berlanjut sampai 31 Januari 2024 dan informasi dari BMKG Nasional puncak dari intensitas hujan akan terjadi di bulan Febuari Sampai Maret 2024.

“Dalam rakor hari ini pihaknya sudah menyiapkan rencana aksi terkait dengan langkah-langkah yang perlu dilaksanakan dalam mengantisipasi bila terjadi bencana batingsor,” kata Budi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS