Polres Sanggau Gelar Patroli Batingsor dan Pantau Debit Air

Pemberian bantuan kepada warga yang terdampak banjir di Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Minggu (21/1/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/ Darmansyah.

Sanggau (Suara Kalbar) – Polres Sanggau melaksanakan patroli banjir, puting beliung dan tanah longsor (Batingsor) dan pengecekan debit air karena tingginya curah hujan di Kabupaten Sanggau dalam beberapa hari ini.

Kasat Samapta Polres Sanggau AKP Suparyanto mengatakan kegiatan ini dalam ranga mengantisipasi dan memberikan imbauan kepada masyarakat bahwa Polres Sanggau siap untuk membantu masyarakat dalam melakukan evakuasi.

“Pada kesempatan tersebut juga menyampaikan kepada para ketua RT agar mendata warga yang rumahnya sudah masuk air dan segera dilaporkan ke Muspika maupun bhabinkamtibmas dan memberi imbauan kepada masyarakat agar selama banjir tetap berhati – hati menjaga keluarga, harta benda saat meninggalkan rumah agar pintu di kunci serta mematikan jaringan listrik,” ujar  AKP Suparyanto Minggu (21/1/2024).

Sementara itu Kapolsek Mukok Iptu Sutono mengungkapkan bahwa dalam pengecekan di wilayahnya, ketinggian air mencapai 60 hingga 80 centimeter di lokasi Banjir yang merupakan wilayah dataran  renda,  cekungan atau pinggiran Sungai Kapuas yang diakibatkan karena intensitas curah hujan tinggi, sehingga Sungai Kapuas meluap dan menggenangi Jalan di tepian Sungai Kapuas.

“Selanjutnya di Jalan antara Dusun Ubay – Dusun Kedukul tergenang air ketinggian juga mencapai sekitar 60-80 cm sehingga tidak bisa dilalui oleh Kendaraan R2,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Parindu Ipda H. Pintor Hutajulu menyampaikan bahwa diwilayahnya juga ada beberapa warga yang terdampak  banjir di Dusun Pulau Mpoh, Desa Gunam Kecamatan Parindu.

“Dalam monitoring kemarin juga dilaksanakan kegiatan pemberian Bansos oleh Polsek Parindu kepada warga yang terdampak banjir seperti Beras, Indomie dan Telur ayam,” katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS