Kehadiran Program JKN Terbukti Menjadi Semangat Indah Jalani Pengobatan Putranya

Kehadiran Program JKN Terbukti Menjadi Semangat Indah Jalani Pengobatan Putranya. SUARAKALBAR.CO.ID/ist

Pontianak (Suara Kalbar) – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia. Jutaan masyarakat kini dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah tanpa harus memikirkan biaya yang mahal. Salah satunya seorang ibu rumah tangga bernama Indah Ner Fatminuningsih (39).

Warga Kabupaten Kubu Raya ini turut merasakan kemudahan bersama Program JKN dalam melakukan pengobatan untuk anak keduanya yang Bernama Rifky Ramadhan.

Empat tahun silam tepatnya tahun 2019 Rifky lahir dengan kondisi sehat dan normal. Hal ini tentu menambah kebahagian yang dirasakan keluarga Ibu Indah. Memasuki usia tiga bulan ternyata Tuhan berkehendak lain, kepala Rifky terus membesar. Setelah beberapa kali melakukan pemeriksaan, dokter mendiagnosa Rifky terkena Hidrosefalus. Waktu itu Indah dan keluarga belum menjadi peserta JKN dan berobat ke rumah sakit menggunakan biaya umum.

“Tahun 2019, waktu itu kami belum menjadi peserta BPJS Kesehatan/JKN. Bersyukur saya mendapat info dari kerabat dan petugas kesehatan di rumah sakit untuk segera mendaftar ke BPJS Kesehatan agar pengobatan anak kami ini bisa ditanggung. Dokter mengatakan secepatnya harus dilakukan tindakan operasi demi menyelamatkan Rifky. Setelah operasi kesehatan Rifky harus terus dipantau sehingga memerlukan pengobatan yang panjang dengan kebutuhan biaya yang besar,” tutur Indah.

Tanpa menunggu lama Indah segera mendaftar menjadi peserta JKN. Indah amat bersyukur seluruh proses operasi Rifky berjalan lancar. Seluruh biaya ditanggung oleh Program JKN tanpa ada sepeserpun ia harus membayar. Meskipun kondisi Rifky saat ini tidak normal seperti anak lainnya, Indah akan terus berjuang untuk melanjutkan pengobatan buah hati. Indah yakin bersama Program JKN ia dapat terus merawat dan mengobati Rifky hingga sembuh kelak.

“Saat ini usia Rifky sudah empat tahun, penyakit Hidrosefalus telah membuat pertumbuhan Rifky terhambat. Sejak operasi harus dipasang selang di kepala dan perutnya agar mengurangi penumpukan cairan. Sampai saat ini pun makanannya masih harus berupa susu khusus untuk menunjang pertumbuhannya. Kami memang harus memberikan perhatian ekstra kepada Rifky. Seminggu sekali kami harus mengantarkan Rifky untuk Fisioterapi di rumah sakit,” tutur Indah.

Indah bersyukur sekali dengan hadirnya Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Program JKN sangat membantu proses pengobatan anaknya sejak usia 3 bulan sampai sekarang Ananda Rifky berusia 4 tahun. Jika dihitung sudah ratusan juta tentu Program JKN telah membantu proses pengobatan Rifky. Tak sampai disitu Indah juga mengatakan seluruh layanan yang diberikan di fasilitas kesehatan (faskes) juga sangat baik, petugasnya baik begitu juga peralatannya lengkap.

“Mohon doanya untuk kesembuhan putra kami, sebagai orang tua kami ingin Rifky dapat bermain selayaknya anak-anak lain seumurnya. Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya juga kami ucapkan kepada pemerintah dan juga BPJS Kesehatan. Kehadiran Program JKN terbukti telah membantu keberlangsungan kehidupan kami. Berkat Program JKN kami dapat memberikan yang terbaik untuk upaya penyembuhan Rifky,” ungkap Indah.

Kisah Indah merupakan bukti nyata Program JKN sangat membantu masyarakat yang butuh pengobatan. Dengan Program JKN seluruh masyarakat tidak perlu khawatir ketika membutuhkan layanan kesehatan, cukup pastikan kepesertaan aktif maka sudah dilayani di fasilitas kesehatan. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi saat ini yang semakin mempermudah peserta mengakses layanan. Berbagai kemudahan dihadirkan BPJS Kesehatan untuk peserta JKN, salah satunya melalui Aplikasi Mobile JKN. Melalui Aplikasi Mobile JKN peserta dapat melakukan pendaftaran antrean di faskes cukup melalui ponsel.

Peserta JKN dapat dengan mudah dapat menggunakan Aplikasi Mobile JKN dengan cara mengunduh di Playstore ataupun Appstore. Selain pendaftaran secara online, berbagai fitur yang dapat memudahkan peserta JKN juga tersedia diantaranya info data peserta, info riwayat pelayanan, pendaftaran Program cicilan tunggakan iuran yang disebut Program REHAB (Rencana Pembayaran Bertahap), konsultasi online, informasi ketersediaan tempat tidur di faskes, info riwayat pembayaran, skrining riwayat kesehatan sampai pengaduan layanan dapat diakes dalam genggaman.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: Layli/rEditor: Kundori