Mengenali Gejala Rabun Dekat, Pentingnya Identifikasi Dini

Ilustrasi gejala rabun dekat. (Shutterstock)

Suara Kalbar – Rabun dekat adalah salah satu masalah penglihatan yang umum dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang telah memasuki usia senja. Namun, kondisi ini juga dapat menghampiri individu yang lebih muda. Rabun dekat, juga dikenal sebagai presbiopi, adalah gangguan penglihatan yang membuat seseorang mengalami kesulitan melihat benda dengan jarak dekat, meskipun kemampuan melihat benda yang jauh masih tetap baik.

Identifikasi dini gejala rabun dekat sangat penting karena memungkinkan penanganan yang cepat dan mencegah kondisi tersebut bertambah parah.

Beberapa gejala rabun dekat melansir dari HiMedik.com.com, Rabu(8/11/2023):

Gejala Rabun Dekat

Banyak dari penderita rabun dekat mengalami gejala-gejala berikut ini.

  1. Benda yang berada dekat dari mata terlihat buram atau tidak jelas
  2. Penderita rabun dekat perlu menyipitkan mata untuk melihat secara jelas
  3. Mengalami ketegangan di bagian mata, yang terasa dengan sensasi panas di mata, dan rasa nyeri di sekitar mata
  4. Seorang merasakan ketidaknyamanan di bagian mata secara rutin
  5. Mengalami sakit kepala setelah memandang objek dekat terlalu lama, kegiatan seperti membaca, menulis, dan menggunakan komputer memicu hal ini

Waktu yang Tepat Menemui Dokter

Jika gejala yang muncul akibat rabun dekat ini sudah sangat mengganggu, sampai-sampai seorang tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, maka direkomendasikan segera mendatangi dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Selain itu, untuk mendatangi dokter seorang juga bisa menjadikan kenyamanan melihat jarak dekat yang dimilikinya sebagai acuan. Ketika hal ini benar-benar dirasa mengganggu dan tidak lagi nyaman, dokter adalah pilihan terbaik yang bisa diambil untuk memastikan kondisi Anda.

Pemeriksaan mata rutin dapat membantu seseorang mendeteksi adanya kelainan pada mata. Pada usia dewasa, pemeriksaan bisa dilakukan sekali dalam beberapa tahun. Sedangkan pada anak-anak pemeriksaan bisa dilakukan pada usia 6 bulan, 3 tahun, dan sebelum anak memasuki tahun pertamanya sekolah.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai gejala rabun dekat yang bisa diberikan dalam artikel singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat, dan segera konsultasikan dengan dokter mengenai keluhan mata yang Anda alami.