Bupati Kapuas Hulu Ingatkan Kerukunan di Pemilu 2024

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan. (ANTARA)

Kapuas Hulu (Suara Kalbar)- Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, mengingatkan masyarakat setempat untuk tetap memelihara kerukunan antar umat beragama menghadapi pemilihan umum (Pemilu) pada tahun 2024.

Fransiskus menekankan agar masyarakat tidak terpancing oleh isu-isu yang berpotensi mengganggu kedamaian menjelang tahun politik menjelang Pemilu 2024.

“Jangan mudah terpancing oleh isu-isu yang dapat merusak kerukunan menghadapi tahun politik menjelang Pemilu 2024,” katanya melansir dari ANTARA, Selasa(14/11/2023).

Disampaikan Fransiskus, perbedaan pilihan pada Pemilu merupakan proses demokrasi dan tidak perlu menjadi pemicu terjadinya perpecahan serta merusak kerukunan antar umat beragama.

Menurut dia, Kabupaten Kapuas Hulu terdiri dari berbagai suku dan agama, selama ini masyarakat selalu hidup harmonis berdampingan di tengah perbedaan.

Fransiskus tidak menginginkan terjadinya perpecahan yang dapat merusak persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman.

“Silahkan gunakan hak pilih tepat sasaran, berpikir jernih jangan mudah terprovokasi,” kata Fransiskus.

Selain itu, di tengah perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat, Fransiskus meminta masyarakat untuk bijak dalam menerima setiap informasi atau berita yang ada di media sosial.

Informasi di media sosial begitu cepat menyebar, sehingga perlu berhati-hati membagikan informasi atau pun menyikapi setiap informasi yang beredar.

Oleh karena itu, perlu kerja sama semua pihak terutama tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat agar kerukunan dan rasa kekeluargaan di Kapuas Hulu tetap terjaga.

“Bisa saja ada pihak tertentu yang menyebarkan informasi hoax atau ujaran kebencian dan tindakan kejahatan lainnya pada saat Pemilu, tentu kita harus bijak menyikapinya,” pesan Fransiskus.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS