[SALAH] Soimah Bagikan Uang di Facebook

Foto bersumber dari CekFakta.com.

Suara Kalbar– Beredar kembali postingan yang mencatut nama Soimah yang mengklaim bagi-bagi uang di Facebook. Postingan itu muncul sejak awal bulan ini.

Salah satu akun bernama Mae Soimah Pancawati mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 1 Oktober 2023.

Berikut isi postingannya:

“Sing iso nebak nama kota di atas Mak’e transfer Rp 50 jta. Mandiri, BRI, BCA, OVO, Dana…”

Hingga saat ini postingan itu telah dilihat lebih dari 219 ribu kali. Postingan itu juga mendapat 500 likes dan 1,8 ribu komentar.
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan bantahan dari Soimah. Bantahan itu diposting di akun Instagramnya, @showimah yang diunggah pada 28 Desember 2020.

Soimah memastikan tidak pernah membagikan hadiah berupa uang saat live di Facebook. Ia pun menyebut, akun Facebook yang mencatut namanya merupakan modus penipuan.

Berikut isi postingannya:

“Halo gaes, jangan mudah percaya kalau ada akun abal-abal yang mengatasnamakan saya, saya enggak pernah bikin-bikin giveaway apalagi yang katanya live, kebetulan saudara saya dan teman saya iseng-iseng mantau dan kroscek ke saya.

Heii … akun go***k, jangan menjadi penipu pakai nama orang ya, nanti kamu bakalan kena karma ditipu sama orang lho.

Untuk teman-teman yang budiman sekali jangan pernah percaya, seumur hidup saya enggak pernah bikin-bikin gituan di media manapun, jadi kalau ada akun atas nama saya bikin giveaway, itu jelas palsu, karena saya sudah menginformasikan ini, jadi kalau ada apa-apa tanggung sendiri risikonya ya.”

Selain itu dalam kolom komentar dalam postingan itu terdapat ajakan untuk menghubungi nomor yang terdapat pada akun tersebut. Ini merupakan modus agar masyarakat mengklik tautan menuju website yang bisa mencuri data ataupun terhubung dengan pinjaman online ilegal.

Postingan yang menyebut Soimah membagikan uang hingga Rp 50 juta hanya dengan menebak nama kota di Facebook adalah hoaks. Faktanya, Soimah tidak pernah membagikan uang tunai lewat Facebook. Akun Facebook yang mencatut nama Soimah itu diduga merupakan modus penipuan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS