Peran Media Massa dalam Majukan Perekonomian Daerah
Pontianak (Suara Kalbar)- Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat, N. A. Anggini, mengatakan bahwa media massa memainkan peran strategis dalam memajukan ekonomi daerah. Oleh karena itu, Bank Indonesia terus membangun kolaborasi dan sinergi dengan para profesional media.
Anggini menyadari bahwa efektivitas kebijakan tidak akan optimal tanpa komunikasi yang baik. Media massa adalah salah satu saluran komunikasi yang sangat efektif, terutama dalam menyebarkan informasi tentang kebijakan ekonomi.
“Efektivitas kebijakan tidak akan maksimal tanpa komunikasi yang baik. Nah media massa menjadi satu di antara saluran komunikasi efektif. Jadi media memiliki peranan strategis dalam perekonomian terutama menyebarkan informasi kebijakan,” ujar Anggini di Pontianak, melansir dari ANTARA,Minghgu(15/10/2023).
Ia tidak memungkiri bahwa media massa juga mampu membentuk opini dan menciptakan ekspektasi masyarakat dalam perekonomian.
Dengan peran yang strategis jurnalis diharapkan bisa memberikan edukasi dan literasi yang konstruktif kepada masyarakat sehingga dapat mempercepat pembangunan ekonomi daerah.
“Untuk itu lah kita selalu kolaborasi dan sinergi dengan media melalui kegiatan yang rutin digelar setiap tahun seperti Capacity Builiding Media Massa Kalbar yang digelar 12 -13 Oktober 2023 di Kota Singkawang. Jurnalis diinformasikan tentang sistem pembayaran, pengembangan UMKM dan ekonomi,” kata dia.
Ia menyampaikan apresiasi terhadap media massa dan jurnalis di Kalbar yang terus memberikan informasi akurat dan benar kepada masyarakat serta kerjasama yang baik dengan BI Kalbar.
“Semoga sinergi dan kolaborasi dalam membangun ekonomi daerah ini melalui peran dan kapasitas masing – masing terus terjalin sehingga ada keselarasan kebijakan, literasi publik dan termasuk bagi kami ada transparansi serta efektivitas komunikasi,” kata dia.
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS