Opini  

Nikmati Proses dalam Kehidupan

Bayu

Oleh: Bayu, M.Pd

HARAPAN hasil yang baik adalah motivasi setiap orang untuk lebih giat melakukan sesuatu. Namun, tidak semua kita bisa memastikan hasil. Begitu banyak faktor yang membuat keberhasilan itu terjadi sehingga kadang hasil tidak seperti yang kita harapkan.

Sebenarnya, hasil itu bisa dipastikan jika semua faktor penentu keberhasilan itu bisa diketahui dan bisa dikendalikan. Tapi, kenyataannya kita sangat lemah dan tidak mempunyai kemampuan utuh untuk mengendalikan faktor itu, yang membuat keberhasilan itu tidak bisa persis yang diharapkan.

Lalu, muncullah istilah “nikmati proses dalam kehidupan”. Saya setuju itu. Proses adalah bagian dari hasil itu. Buatlah proses sedetail mungkin untuk memastikan hasilnya akan sesuai dengan harapan.

Langkah-langkah menuju hasil dibuat sedemikian rupa sehingga mendekati hasil yang dituju. Masukkan ke dalam proses itu faktor keindahan. Sehingga ketika kita menjalankan proses itu bisa menikmatinya. Sebab keindahan itu adalah kenikmatan.

Proses adalah bagian dari kesuksesan. Artinya sejak awal proses menuju hasil sesungguhnya kita tengah menikmati keberhasilan itu sendiri. Jangan menganggap keberhasilan itu hanya di hasil akhir, itu akan memakan waktu yang lama untuk menikmatinya.

Sejak awal langkah menuju ke hasil akhir itulah sesungguhnya proses menikmati hasil sedang dimulai. Maka, bayangkan saja bahwa kita tengah menikmati hasil akhir yang kita impikan itu.

Lalu, proses seperti apa yang indah dan bisa dinikmati? Pertama adalah proses yang diridhoi Allah SWT, kedua adalah proses yang diberkahi Allah SWT, ketiga adalah proses yang mengikuti sunatullah dan yang ke empat adalah proses yang SOP – Standard Operating Procedure – nya sudah dibuatkan oleh Allah SWT. Agama telah mengajarkan proses-proses ini dengan sangat detail.

Mulai dari bangun sampai tidur lagi, Allah SWT telah mengajari kita dengan proses-proses yang indah itu.
Bahkan dalam setiap aktivitas kita, Allah SWT telah membuatkan SOP yang indah itu. Dan jika kita menjalankannya maka akan ada kenikmatan, ada keindahan dan ada keberkahan di dalamnya.

Lihat saja proses makan yang diajarkan agama yang begitu indah: awali dengan menyebut nama-Nya, lakukan dengan santun, makan dari pinggir, jangan terburu-buru dengan meniupnya, berhenti makan sebelum kenyang, dan akhiri dengan berterima kasih pada-Nya adalah sebuah proses yang sangat indah.

Sebutkan mana proses kehidupan yang mengikuti aturan Allah SWT yang tidak indah? Hanya saja kita sering membuat proses itu dengan cara kita sendiri yang terkadang melanggar SOP Allah SWT, melanggar hukum alam yang pada akhirnya tidak bisa dinikmati bahkan semakin membuat hidup kita susah.

Nikmati prosesnya itu artinya buatlah goal setting lalu buatlah langkah-langkah mencapainya. Selaraskan langkah itu dengan langkah Allah SWT, jangan melanggarnya. Lalu, ikhlaskan apa hasil akhirnya nanti dan mulainya menikmati setiap langkah menuju akhir itu sejak langkah awal.

Jika kita menikmati hasil sejak awal proses itu berlangsung, maka sejak itu pula kita merasa menikmati hidup ini. Tapi, jika kita menunda kenikmatan itu sampai hasil akhir, maka merugi lah. Sebab belum tentu hasil akhirnya sesuai dengan yang kita harapkan.

*Penulis adalah Dosen IAIS Sambas

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: Tim LiputanEditor: Kundori