Gibran Rakabuming Raka Dilirik Sebagai Cawapres oleh PBB

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di sela-sela Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (30/9/2023). ANTARA

Suara Kalbar – Partai Bulan Bintang (PBB) telah mengungkapkan niatnya untuk mencalonkan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Gibran, yang saat ini adalah seorang kader PDI Perjuangan, telah melaporkan niat PBB ini kepada partainya.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima laporan dari Gibran terkait tawaran PBB. Namun, Hasto menekankan pentingnya memperjuangkan kepentingan yang lebih besar bersama partai, dan bahwa partai percaya bahwa berpartai adalah untuk memperjuangkan kepentingan yang lebih besar.

“Kami tunggu, tetapi Mas Gibran juga telah sampaikan pada kami dalam berbagai dialog-dialog internal terkait hal tersebut (Gibran dilirik jadi cawapres Prabowo), ya,” ujar Hasto melansir dari ANTARA, Sabtu (30/9/2023).

Kendati demikian, Hasto berharap Gibran dapat memperjuangkan kepentingan yang lebih besar bersama partai berlambang banteng moncong putih itu.

“Kami percaya bahwa berpartai itu untuk memperjuangkan kepentingan yang lebih besar,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menilai bahwa PBB sudah memiliki pertimbangan dalam meminang Gibran menjadi bakal cawapres Prabowo. Namun, ia tak mau berandai-andai dan menyerahkan keputusan tersebut kepada putra sulung Presiden Jokowi itu.

“Ya, kan yang meminang punya pertimbangan tertentu. Tinggal yang dipinang mau atau tidak, Itu saja. Kan baru berandai-andai ini,” ujar Puan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu.

Menurut Puan, Gibran adalah sosok anak muda yang sudah memperlihatkan prestasinya di Surakarta. Untuk itu, dia tak mungkiri bahwa PBB menjadikan hal itu sebagai pertimbangan.

Adapun PBB secara terbuka meminang Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

“Perlu diketahui sebagai sekjen Partai Bulan Bintang, salah satunya (PBB) mencalonkan wakil presiden yang ada di tengah-tengah kita hari ini, selain Pak Yusril ya Mas Gibran Rakabuming Raka,” kata Sekretaris Jendral PBB Afriansyah Noor di Solo, Jawa Tengah, Selasa (26/9).

Pernyataan tersebut diungkapkan Afriansyah setelah membuka “Job Fair Career Expo 2023” di Graha Wisata Niaga, Laweyan, Solo.

Menurut dia, meski saat ini Gibran masih tercatat sebagai kader PDIP, ia meminta putra sulung Presiden Jokowi tersebut tidak takut keluar dari partai demi kepentingan negara.

“Sekarang ini saya bilang semua, saya kader PBB kalau ada yang minta dari partai lain saya keluar, untuk negara dan bangsa kenapa harus takut. Tidak boleh takut selagi untuk kepentingan negara,” katanya.

Ia mengatakan dua sosok yang diusulkan PBB menjadi cawapres, yakni Gibran Rakabuming dan Yusril Ihza merupakan sosok yang mumpuni.

“Karena ini kami dari PBB sudah mencalonkan Prabowo menjadi presiden kami, dan tentunya wakilnya kami berharap ada sosok anak muda,” ucapnya.

PBB telah bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan mengusung Ketua Umum Partai Gerindra sebagai bakal capres 2024.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS