Bupati Kayong Utara Raih Penghargaan Pembentukan Desa Binaan Sadar Hukum

Piagam dari Pemprov Kalbar kepada Bupati Kayong Utara Citra Duani. SUARAKALBAR.CO.ID.

Kayong Utara (Suara Kalbar)- Bupati Kabupaten Kayong Utara Citra Duani mendapatkan penghargaan atas pembentukan desa binaan sadar hukum di Kalimantan Barat Tahun 2022-2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji kepada Bupati Kayong Utara yang diwakili oleh Dinas SP3APMD Kabupaten Kayong Utara Nendar Soeheri pada kegiatan penetapan desa sadar hukum serta penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov Kalbar dengan Tanjak Kalimantan Barat di Pontianak, Selasa (15/8/2023).

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan pada tahun ini terdapat 41 desa yang telah ditetapkan menjadi desa sadar hukum.

“Ditahun 2022 terdapat 20 desa yang sudah ditetapkan menjadi desa sadar hukum dan di tahun 2023 terdapat 41 desa yang sudah ditetapkan menjadi desa sadar hukum. Semoga tahun depan bisa lebih meningkat lagi,” ujarnya.

Desa yang telah ditetapkan sebagai desa sadar hukum, kata Sutarmidji telah berhasil melewati empat dimensi. “Maka untuk Desa yang hari ini menerima penetapan sebagai desa sadar hukum telah berhasil melewati empat dimensi, yaitu dimensi akses informasi hukum, dimensi implementasi hukum, dimensi akses keadilan, dan dimensi demokrasi dan regulasi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemprov Kalbar dengan Tanjak untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas Produk Hukum Daerah di Provinsi Kalimantan Barat sesuai dengan nilai-nilai pencegahan korupsi di Kalimantan Barat.

“Semoga dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama antara Pemprov Kalbar dengan Tanjak Kalimantan Barat yang memuat syarat, hak dan kewajiban dapat dipatuhi demi Kalimantan Barat yang lebih baik, maju dan sejahtera untuk generasi mendatang,” pungkasnya.

Sutarmidji mengatakan memandang penting pada kegiatan hari ini untuk tetap patuh pada aturan, menguatkan kelembagaan, sumber daya manusia yang tidak korupsi dan didukung oleh semua lapisan masyarakat.

Untuk itu, Gubernur Kalbar mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak atas penghargaan yang diraihnya.

“Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini, diharapkan acara ini menghasilkan manfaat besar terutama dalam memacu prestasi semua Kepala Desa dan Kelurahan di Wilayah Kalimantan Barat agar dapat meraih penghargaan dan dapat bersaing secara sehat dalam membangun daerah dan wilayahnya,” katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS