Kapolda Kalbar Ziarah ke Makam Ulama Besar Kalimantan Habib Husin Alqadrie di Sejegi Mempawah

Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto (koko biru) memanfaatkan momentum Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H untuk berziarah ke Makam Habib Husein Alqadrie di Desa Sejegi Kecamatan Mempawah Timur, Rabu (19/7/2023). Ia didampingi Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Humasres Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto memanfaatkan momentum Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1445 H untuk berziarah ke Kabupaten Mempawah.

Tepatnya ke Makam Habib Husein Alqadrie, di Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur, Rabu (19/7/2023).

Ia didampingi Kabid Propam Polda Kalbar Kombes Pol Yudi Arkara Oktobera beserta istri, dan Kabidkum Polda Kalbar Kombes Pol I Made Ary Pradana beserta istri.

Kedatangan Irjen Pipit Rismanto beserta para pejabat utama Polda Kalbar ini disambut Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono bersama Wakapolres Kompol Sutrisno, dan PJU Polres Mempawah.

Turut hadir menyambut, Kapolsek Mempawah Timur Ipda Andrianto, Pengurus Makam Habib Husien Alqadrie, Habib Usman Alqadrie, serta para Santri Pondok Pesantren Ar-Rasyid Desa Antibar Kecamatan Mempawah Timur.

Setiba di Makam Habib Husein Alqadrie, Kapolda Pipit Rismanto dan rombongan, serta Kapolres Mempawah dan jajaran langsung melaksanakan doa bersama yang dipimpin Habib Usman Alqadrie.

Sebelumnya, Kapolda beserta rombongan terlebih dahulu melaksanakan salat zuhur di Masjid Nurul Islam, di Jalan Boyan, masih di Desa Sejegi.

Sebagai informasi Habib Husein Alqadrie merupakan salahsatu tokoh dan ulama penyebar Islam di tanah Kalimantan yang berasal dari Hadramaut Yaman.

Semasa hidupnya, Habib Husein banyak menghabiskan waktunya menyebarkan Islam di Kerajaan Matan, yang saat ini masuk wilayah Kabupaten Ketapang dan Kerajaan Amantubillah, sekarang di Kabupaten Mempawah.

Habib Husein Alqadrie juga merupakan orangtua dari pendiri Kesultanan Kadriyah Pontianak Syarif Abdurahman Alqadrie, serta besan dari Raja Mempawah Opu Daeng Manambon.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS