Kedepankan Kamtibmas, Polres Mempawah Terus Kawal Tahapan Pilkades E-Voting

Personel Polres Mempawah, termasuk Kasat Intelkam Iptu Abdullah, tampak turut melaksanakan pengamanan dan pengawalan proses pemungutan suara Pilkades E-Voting di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Mempawah Timur, Sabtu (24/6/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Istimewa

Mempawah (Suara Kalbar) – Aman dan lancarnya proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) E-Voting Serentak se Kabupaten Mempawah pada Juni 2023 ini tidak lepas dari pengamanan yang dilakukan jajaran TNI/POLRI.

Salah satunya adalah peran Polres Mempawah Polda Kalbar yang sejak awal mengawal kontestasi demokrasi di tingkat desa ini.

Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono mengungkapkan, proses pengamanan dan pengawalan tersebut dilaksanakan secara optimal, dalam rangka memastikan proses Pilkades E-Voting berjalan aman, tertib dan lancar seperti yang diharapkan.

“Sejak awal kita di Polres Mempawah sudah mengawal proses demokrasi di tingkat desa ini. Termasuk menggelar patroli keliling menemui PPKD, para calon kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda hingga aparatur pemerintahan desa jelang Pilkades dilaksanakan,” jelasnya.

AKBP Sudarsono menyebut, langkah sosialisasi kamtibmas ini guna mendorong terciptanya kesepahaman agar seluruh elemen desa bisa bersama-sama mewujudkan Pilkades yang aman, tertib, adil dan jujur.

Selain itu, beber Kapolres, pihaknya bersama Pemkab Mempawah juga menginisiasi dilaksanakan kesepakatan damai seluruh calon kepala desa di Gedung MCC beberapa waktu lalu.

Dan tak kalah penting, dalam setiap tahapan Pilkades, Polres Mempawah senantiasa memberikan pendampingan pengamanan.

“Termasuk pengawalan alat E-Voting, menempatkan anggota Polri di TPS, hingga mengamankan proses pemungutan suara, perhitungan dan pleno PPKD,” tegasnya.

Kapolres AKBP Sudarsono berjanji, upaya pengawalan tahapan Pilkades E-Voting ini akan terus dilaksanakan Polres Mempawah hingga para kepala desa yang terpilih dilantik oleh Bupati Mempawah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS