Pemkab KKU Semarakkan Semah Laut di Kepulauan Karimata

Kebudayaan dan Tradisi Semah Laut bagi masyarakat Kepulauan Karimata. SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Prokopim

Kayong Utara (Suara Kalbar) – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara semarakkan Semah Laut di Desa Padang Kecamatan Kepulauan Karimata sebagai pelestarian adat dan tradisi dalam pemajuan kebudayaan, Selasa (9/05/2023).

Kegiatan turut dihadiri secara langsung Bupati Kayong Utara, Citra Duani didampingi Ketua TP PKK Kayong Utara, Yayuk Citra Duani serta Kepala OPD terkait, Camat Kepulauan Karimata dan jajaran Perangkat Desa Padang, Lembaga Adat dan Tamu Undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Citra menyampaikan semah laut menjadi sebuah tradisi yang digelar setiap tahun oleh masyarakat Kepulauan Karimata dengan tujuan menjaga kelestarian alam sekaligus sebagai tanda kepada sang pencipta.

“Tradisi serta adat istiadat yang mana sampai sekarang masih dipertahankan, salah satunya ritual semah laut yang dilakukan masyarakat Kecamatan Kepulauan Karimata,” kata Bupati.

Selain itu, dalam rangka pelestarian, pemerintah, swasta, masyarakat memiliki tugas dan kewajiban untuk bekerjasama dalam memajukan kebudayaan dan meningkatkan ketahanan budaya khususnya di Kayong Utara.

“Semah laut merupakan tradisi ritual yang dilakukan oleh masyarakat Pulau Karimata terhadap laut sebagai tempat mereka mencari nafkah dan pulau sebagai daratan yang mereka tempati,” ucap Bupati.

“Kepulauan Karimata juga merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Kayong Utara yang memiliki kekayaan bumi dan keindahan panorama alam serta keindahan pulau dan pantainya yang sungguh luar biasa maka pelaksanaan ritual semah laut menjadi salah satu syukur atas melimpahnya hasil laut yang diperoleh,” tambah Bupati.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS