Berkeliling di Sungai Kapuas, Pawai Perahu Hias Meriahkan HUT Kota Sintang ke-661

Pawai Perahu Hias di Sungai Kapuas Berlangsung Meriah, Diikuti 18 Kapal.[HO-Pemkab Sintang]

Sintang (Suara Kalbar)- Pemerintah Kabupaten Sintang merayakan Hari Ulang Tahun Kota Sintang yang ke-661 pada 10 Mei 2023 dengan menggelar Pawai Perahu Hias di Sungai Kapuas. Acara yang diikuti oleh 18 kapal hias ini menjadi tontonan menarik bagi warga sekitar dan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting.

Dalam acara tersebut, Bupati Sintang, Jarot Winarno melepas pawai perahu hias dari Taman Bungur Depan Pendopo Bupati Sintang. Setiap perahu hias dihiasi dengan umbul-umbul, spanduk ucapan HUT Kota Sintang ke-661, dan para penumpang semua mengenakan pakaian adat nusantara. Beberapa perahu hias juga dilengkapi dengan lagu-lagu dan meriam karbit.

Koordinator Pawai Perahu Hias yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang,Yustinus, mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembalikan nuansa jaman dulu ketika perahu merupakan transportasi utama masyarakat Kabupaten Sintang. Bahkan, hingga sekarang perahu ini masih banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Maksud kita melaksanakan Pawai Perahu Hias ini adalah kita ingin mengembalikan nuansa jaman dulu. Kita tahu, jaman dulu, perahu ini merupakan transportasi utama masyatakat Kabupaten Sintang. Bahkan hingga sekarang, perahu ini masih dipakai oleh masyarakat,” terang Yustinus

Dalam perjalanannya, perahu hias tersebut menyusuri sebelah kanan Sungai Kapuas, berbelok dibawah Jembatan Kapuas lalu menyusuri sebelah kiri Sungai Kapuas, melewati Keraton Sintang, Sungai Kawat, Masuka, Waterfront Sintang, Jembatan Melawi, Kelurahan Alai dan kembali ke Taman Bungur.

“Jaman dulu, jalan darat belum maksimal, sehingga tranportasi air menjadi pilihan utama dan perahu menjadi sarana transportasi utama masyarakat. Kami ingin perahu ini kita perkenalkan kepada generasi muda saat ini dan dilestarikan,”tambah Yustinus.

“Dari dulu sampai sekarang juga, perahu ini masih dimanfaatkan masyarakat Kota Sintang untuk menyebarang. Perahu tambang di Kota Sintang ini sampai sekarang masih eksis karena masih banyak warga yang memanfaatkan jasa perahu tambang untuk menyeberang dari Masuka ke Keraton Sintang, dari Keraton ke Pasar Sungau Durian dan rute-tute lainnya,”sambungnya lagi.

Yustinus menambahkan bahwa momen Hari Ulang Tahun Kota Sintang ini pas untuk memberikan penghargaan kepada perahu sebagai sarana transportasi sungai yang sudah eksis sejak dulu.

“Momen Hari Ulang Tahun Kota Sintang ini memang pas untuk kita memberikan penghargaan kepada sarana transportasi sungai ini yakni perahu. Kita ingin juga memperkenalkan Waterfront Sintang sehingga kita mengambil rute melewati Waterfront Sintang, tadi banyak warga yang menyaksikan perahu hias ini dari waterfront dan pinggiran sungai,”tambahnya.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat memperkenalkan Waterfront Sintang kepada masyarakat serta memberikan berkah bagi para pemilik perahu di Kota Sintang. Ia berharap pada momen HUT Kota Sintang yang ke-662 di tahun 2024 mendatang, jumlah peserta dapat lebih banyak dan meriah.

“Kita juga ingin memberikan penghargaan kepada para pemilik perahu, dengan adanya sewa perahu dari para peserta, tentu ini berkah juga bagi para pemilik perahu di Kota Sintang ini. Kami berharap pada momen HUT Kota Sintang yang 662 Tahun 2024 mendatang, jumlah peserta bisa lebih banyak dan lebih meriah,”tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS