Pelantikan Anggota PPS, Ketua KPU Singkawang Tegaskan Integritas Harus 100 Persen

  • Bagikan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang melantik sebanyak 78 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Hotel Dangau Singkawang pada Selasa (24/1/2023).

Singkawang (Suara Kalbar) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang melantik sebanyak 78 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Hotel Dangau Singkawang pada Selasa (24/1/2023).
Pelantikan disaksikan oleh seluruh jajaran di lingkungan KPU Kota Singkawang, dan dihadiri Pemkot Singkawang, Bawaslu Singkawang, Disdukcapil, Bakesbangpol, Lurah se-Kota Singkawang, dan Ketua PPK dari lima kecamatan.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Singkawang Riko berpesan kepada anggota PPS agar senantiasa menjaga integritas.”Kepada anggota PPS se-Kota Singkawang, saya mengimbau dan berpesan untuk selalu menjaga integritas. Selain itu, anggota PPS harus punya loyalitas. Di dalam PPS ini, kita tidak boleh kerja sendiri, kedepankan kerjasama,” ujar Riko pada orientasi tugas anggota PPS.

Sebagai penyelenggara di tingkat kelurahan, Riko mengingatkan bahwa posisi anggota PPS sangatlah strategis. Pentingnya posisi tersebut, tidak menutup kemungkinan adanya upaya dari oknum untuk mendekati penyelenggara guna kepentingan pribadi maupun kelompok dalam Pemilu. Maka dari itu, setiap anggota PPS hendaknya berintegritas secara sempurna.

“Integritas 100 persen itu mutlak. Tidak boleh kurang dari 100. Sehingga tidak ada celah bagi oknum yang berupaya menggembosi penyelenggara untuk kepentingan pribadi maupun kelompok,” tegas Riko.

Partisipasi masyarakat Singkawang dalam mengikuti seleksi anggota PPS cukup tinggi. Tak hanya dari kalangan laki-laki, anggota PPS terpilih tidak sedikit dari perempuan.

“Dari 78 anggota PPS di 26 kelurahan se-Kota Singkawang, 29 di antaranya adalah perempuan. Antuasiasme perempuan terlibat menjadi penyelenggara di Singkawang cukup tinggi,” kata Anggota KPU Kota Singkawang yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Khairul Abror.

Dalam pelantikan, anggota PPS se-Kota Singkawang diambil sumpah/janjinya. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan pakta integritas. Usai orientasi tugas, akan diadakan gelar pasukan. Kegiatan ini dilaksanakan serentak se-Indonesia bahwa penyelenggara sangat siap menyelenggarakan seluruh tahapan Pemilu 2024.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Bagikan