Jelang Imlek dan Cap Go Meh, Sejumlah Komoditas di Kubu Raya Merangkak Naik

Ilustrasi Pasar.[DOK- Suarakalbar.co.id/ Septa]

Kubu Raya (Suara Kalbar ) – Sejumlah harga bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga menjelang Imlek dan Cap Go Meh di sejumlah pasar di Kabupaten Kubu Raya.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Kubu Raya Asep Kurniawan membenarkan jika sejumlah komoditi memang telah mengalami kenaikan di pasaran.

“Telur itu mengalami kenaikan dan harganya belum turun hingga saat ini Telur di November Rp 28 ribu per kilo, sekarang Rp 31 ribu per kilo,” ujar Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Kubu Raya Asep Kurniawan.

Asep mengatakan jika selain telur cabai rawit dan bawang merah juga mengalami peningkatan harga di pasaran,sejak beberapa waktu terakhir.”Cabe rawit dari 68 ribu per kilo gram sekarang 78 ribu per kilogram,” katanya.

Adanya kenaikan tersebut Disperindagkop Kubu Raya akan mengambil langkah pemantauan terhadap distributor dan agen yang ada di Kubu Raya, namun jika dibutuhkan akan menggelar operasi pasar yang menggandeng perusahaan distributor terkait.”Jika sekarang memang belum ada terkait pasar murah, namun jika dibutuhkan akan kita gelar, ” jelasnya.

Ia mengatakan kenaikan harga yang dialami sejumlah komoditi tersebut pun diharapkan tidak membuat warga panik dirinya berharap pasca Imlek dan cap Go Meh penurunan harga dapat dirasakan kembali.

Untuk telur ayam, penyesuaian harga terjadi karena tingginya tingkat permintaan di masyarakat dan kenaikan harga input produksi yakni jagung pakan, sementara untuk cabe rawit dan bawang merah lebih disebabkan faktor cuaca.

IKUTI BERITA LAINNYA DI .GOOGLE NEWS