Cerita Marsinten, Guru PAI Mempawah yang Berprestasi Nasional 2022

Marsinten saat menerima penghargaan sebagai Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Berprestasi Nasional tahun 2022 di Soll Marina Serpong, Rabu (23/11/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Kabar gembira menghampiri seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Mempawah bernama Marsinten.

Lulusan Pascasarjana IAIN Pontianak ini berhasil terpilih sebagai Guru PAI Berprestasi tingkat nasional tahun 2022. Penyerahan penghargaan diberikan di Soll Marina Serpong, Rabu (23/11/2022) lalu.

Guru kelahiran Pontianak, 08 Juli 1970, menceritakan pengalamannya hingga berhasil terpilih sebagai Juara III Guru PAI Berprestasi se-Indonesia itu.

“Alhamdulillah, pada pemilihan Guru PAI Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2022, saya terpilih mewakili Kalimantan Barat dan meraih juara ke 3,” jelas Marsinten, Senin (28/11/2022).

Menurutnya, proses pemilihan guru berprestasi nasional ini melalui mengirimkan file prestasi yang diunggah melalui aplikasi Siaga dan langsung dikirim ke Kemenag pusat.

“Jadi, dari pusatlah baru ditentukan kandidat terpilih berdasarkan file yang di-upload,” cerita Marsinten, Senin (28/11/2022).

Ia melanjutkan, pemberitahuan waktunya sangat singkat. Dan kebetulan waktu pemberitahuan ajang lomba dari Kemenag Mempawah, dirinya tengah berada di Singkawang untuk menghadiri Launching Akbar Buku peserta Program Organisasi Penggeraknya (POP) dari Kemendikbudristek Tahun 2022.

“Ketepatan saya merupakan salah satu mentor POP di Kalimantan Barat. Jadi sangat kewalahan juga meng-apload file yang harus dipilah-pilah dalam waktu singkat. Alhamdulillah, dalam waktu yang hanya beberapa jam, saya dapat menyelesaikannya,” ujar perempuan yang telah 28 tahun mengabdi sebagai guru PAI di Mempawah ini.

Marsinten mengungkapkan, file-file yang diunggah memang kebanyakan di karya buku, baik itu buku pribadi, buku antologi dan beberapa prestasi sebagai kepala sekolah berprestasi Tingkat Kabupaten.

“Selebihnya sertifikat kegiatan dan SK Kepengurusan organisasi,” beber Kepala Sekolah di SD Negeri 10 Siantan, Kabupaten Mempawah tersebut.

Guru yang aktif menulis itu berpendapat, untuk ke depannya para guru, khususnya guru PAI hendaknya semakin meningkatkan pengembangan diri. Terutama berkaitan dengan literasi.

Bukan hanya dalam hal membaca, tapi juga membuat karya dengan menulis buku yang dapat dikembangkan pada siswa nantinya.

“Jangan berpikir kalau menulis buku itu sulit. Semua itu akan mudah kalau kita punya semangat. Karena dengan menulis akan memperpanjang umur, meskipun bukan secara biologis. Sebagaimana diungkapkan oleh Ali bin Abi Thalib Ikatlah ilmu itu dengan menulis,” pesannya.

Marsinten selanjutnya mengucapkan erima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dirinya.

Terutama, dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah yang tidak hentinya memberi dukungan pada dirinya sampai di waktu yang sangat genting di hari terakhir upload file.

“Semoga Allah memberi balasan yang terbaik untuk semua ini,” pungkas perempuan yang aktif menjadi narasumber Kurikulum K-13 dan motivator menulis ini.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kemenag Mempawah, Muhamad Shabirin, mengucapkan selamat dan sukses kepada Marsinten yang telah terpilih sebagai Guru PAI Berprestasi Nasional tahun 2022.

Marsinten dinilai berhasil mewakili guru pulau Kalimantan. Prestasi ini merupakan kado istimewa di Hari Guru Nasional, terutama guru-guru PAI di Kabupaten Mempawah.

“Semoga prestasi yang diraih dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi guru PAI lainnya untuk berprestasi lebih baik lagi di masa mendatang,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS