Tak Kalah dengan Mempawah, Perayaan Robo’-Robo’ di Segedong Meriah

Bupati Mempawah, Erlina, didampingi Camat Segedong, Arifin, saat menyalami warga yang antusias menghadiri perayaan Robo’-Robo’ di Desa Peniti Besar, Rabu (22/9/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Prokopim Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Suasana kemeriahan perayaan Robo-Robo di Kabupaten Mempawah, tidak hanya terasa di Pelabuhan Kuala Mempawah tempat pusat kegiatan, namun juga di Kecamatan Segedong, salahsatunya di Desa Peniti Besar.

Bupati Mempawah Erlina dan Wakil Bupati Muhammad Pagi bahkan menyempatkan diri hadir ke Desa Peniti Besar untuk merayakan Robo-Robo bersama masyarakat setempat, Rabu (21/9/2022).

Selama di sana, keduanya sangat antusias menyantap makanan tradisional secara saprahan membaur bersama masyarakat yang juga senang akan kehadiran sang kepala daerah.

Camat Segedong Arifin mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati maupun Wakil Bupati Mempawah merayakan Robo-Robo bersama masyarakat.

“Kehadiran Ibu Bupati bersama Bapak Wakil Bupati bersilaturahmi disini sangat berarti bagi kami, karena merupakan bentuk dukungan dan perhatian pimpinan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ucapan terima kasih selanjutnya ia sampaikan kepada panitia dan seluruh masyarakat Segedong yang tetap bersemangat memperingati Robo-Robo sebagai warisan budaya takbenda ini.

“Peringatan Robo-Robo ini dilaksanakan masyarakat di seluruh desa Kecamatan Segedong. Kami ingin generasi muda jangan sampai putus sejarah,” ujarnya.

Makan seprahan khas Robo’-Robo’ pimpinan OPD Mempawah dan Forkorpimcam Segedong.

Bupati Erlina yang senang bisa hadir di tengah-tengah masyarakat, memuji semangat dan kekompakan warga Segedong dalam melestarikan tradisi yang ada sejak ratusan tahun silam.

Ia pun turut memberikan motivasi bagi para generasi muda untuk selalu mengenang sejarah leluhur. Apalagi Robo-Robo sebagai warisan budaya takbenda di Indonesia telah diakui pemerintah pusat dan dunia.

“Karenanya, mari kita terus jaga kelestarian Robo-Robo hingga nanti. Jangan sampai hilang, karena tradisi ini menjadi kebanggaan kita bersama,” ujarnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS