8 Fraksi DPRD Sekadau Sampaikan PU Perubahan APBD 2022

  • Bagikan
Susanan Rapat Paripurna DPRD Sekadau dengan agenda PU Fraksi terhadap Nota Pengantar Perubahan APBD 2022. SUARAKALBAR.CO.ID/ist

Sekadau (Suara Kalbar) – DPRD Kabupaten Sekadau menggelar rapat paripurna ke -8, masa persidangan ke 3 dengan agenda Pemandangan Umum (PU) Fraksi terhadap nota pengantar Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sekadau Tahun Anggaran 2022 pada Jumat (23/9/2022) siang.

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Sekadau Handi dihadiri Bupati Sekadau Aron dengan hadir sebanyak 21 orang Anggota DPRD.

Juru bicara Fraksi partai Nasdem Yohanes Ayub mengapresiasi dan memberikan apresiasi yang telah menyampaikan nota pengantar terhadap APBD-P tahun 2022.

“Kami mengapresiasi peningkatan belanja daerah 2%, yang sebelumnya 0,4%. Peningkatan belanja daerah sebesar 8% meningkat dari tahun sebelumnya. R-APBDP juga perlu penjabaran langkah-langkah strategis terhadap perubahan, harus sesuai dengan penjabaran secara rinci,” kata Ayub.

Juru bicara Fraksi partai Hanura Paulus Subarno meminta penjelasan capaian semester 1 bahwa pemerintah belum cermat dalam hal pendapatan daerah belum mencapai kinerja 50%.

“Bagaimana dampak kegiatan dari dana DAK non fisik dari dinas kesehatan PP dan KB Sekadau. Terjadinya peningkatan belanja pegawai terutama belanja tambahan, terutama tunjangan PNS naik, namun di DPRD berkurang. Kami juga minta penjelasan terhadap pinjaman daerah,” tegasnya.

Juru bicara Fraksi Persatuan Timotius Ase meminta agar menggali potensi PAD seperti penyebrangan seberang Kapuas. Selain itu, menerima bansos berupa uang harus tepat dan orang-orang yang berhak sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Juru bicara Fraksi partai Golkar Matius Candra Dawi berharap agar .pengalokasian dana untuk dinas kesehatan dan rumah sakit. Pengerjaan fisik dan non fisik harus dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang berlaku.

Juru bicara fraksi PAN Agustinus Atang mengharapkan APBD-P bisa memberikan kemanfaatan yang besar bagi masyarakat pada umumnya.

“Kami minta agar pemerintah senantiasa berorentasi pada anggaran yang berupa program yang bisa tercapai dan bermanfaat bagi masyarakat,” pintanya.

Juru bicara Fraksi partai Gerindra Abang Ramli mengharapkan pelaksanaan kegiatan bisa tepat waktu dan dapat dimanfaatkan .

“Kami berharap agar peningkatan belanja daerah bisa dimanfaatkan dan berdampak pada masyarakat,” harapnya.

Juru bicara Fraksi partai PDI Perjuangan Bambang Setiawan merespon dan mendukung hal yang positif program untuk keberlangsungan kepentingan masyarakat.

“Pendapatan daerah meningkat 2% apakah sudah dibuat kajian ilmiah yang sah. Perumda Sirin Meragun juga belum berkontribusi untuk PAD yang sudah sekian lamanya berjalan mohon penjelasannya kami juga meminta agar pendistribusian BBM bisa berjalan baik dan kuota yang wajar bagi masyarakat yang ada di kampung-kampung.

Sementara itu, juru bicara Fraksi partai Demokrat Moloi meminta agar pemerintah menghitung kembali gaji dan tunjangan pegawai daerah

“Kami minta lebih serius terus mencari dan memacu peningkatan PAD. Kami minta untuk serius dalam hal pemulihan ekonomi pasca Covid-19, dan menganalisa pinjaman daerah sesuai dengan keuangan daerah dan kemampuan untuk membayarnya,” tandasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Bagikan