Ini PU Fraksi Hanura Terhadap Nota Pengantar Perubahan APBD Sekadau 2022

  • Bagikan
Juru Bicara Fraksi Hanura, Paulus Subarno saat rapat paripurna agenda PU fraksi terhadap nota keuangan Perubahan APBD 2022. SUARAKALBAR.CO.ID/ist

Sekadau (Suara Kalbar) – DPRD Kabupaten Sekadau baru saja menggelar sidang paripurna ke-8, masa persidangan ke 3 dengan agenda pemandangan umum terhadap nota pengantar Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2022 pada Jumat (23/9/2022).

Juru Bicara Fraksi partai Hanura, Paulus Subarno menyoroti beberapa hal terkait dengan nota pengantar terhadap RAPBD-P tahun 2022.

Ngah Barno panggilan akrabnya, menanyakan bagaimana dampaknya terhadap kegiatan dari berkurangnya alokasi anggaran yang di biayai oleh dana DAK non fisik pada Dinas Kesehatan PP dan KB Sekadau.

“Apa kebijakan pemerintah daerah menyikapi kebijakan tersebut yang tertuang dalam APBD-P tahun 2022,” tanyanya.

Selain itu pada sisi belanja agar dijelaskan dan disampaikan data peningkatan belanja sebesar Rp.69,49 miliar yang dibiayai dari sumber penerimaan dari dana transfer pemerintah pusat sebesar Rp.14, 08 miliar, dari sumber penggunaan silpa dari anggaran tahun 2021 sebesar Rp. 58,7 miliar.

Lebih lanjut dirinya juga menyoroti bahwa terjadinya peningkatan belanja pegawai terutama belanja penghasilan dan ASN.

“Ini ASN yang bertambah, namun disisi lain gaji dan tunjangan DPRD malah berkurang,” tegasnya.

Pemerintah daerah juga, lanjutnya diminta juga harus memperhatikan anggaran operasional dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi SKPD serta kondisi fisik kantor SKPD yang sangat memprihatinkan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Terakhir, terkait dengan pinjaman daerah Fraksi Hanura juga meminta agar pemerintah daerah untuk menjelaskan mekanisme dari sisi anggaran dan pelaksanaan secara fisik.

“Kami juga meminta langkah-langkah strategis apabila terjadi keterlambatan atau bahkan tidak terselesaikannya pekerjaan di akhir tahun anggaran. Sebab pinjaman tersebut juga cukup besar,” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Bagikan