TV Digital Miliki Sistem Elektronik Program Guide

Rosarita Niken Widiastuti Staf Khusus Kemenkominfo Republik Indonesia.

Pontianak (Suara Kalbar) – Memilih siaran TV memang kerap menjadi hal yang penting bagi para orang tua khususnya yang masih memiliki anak – anak dibawah umur, tontonan meresahkan dikhawatirkan akan berdampak pada tumbuh kembang anak yang menyaksikan acara tersebut.

Saat ini, TV analog hanya terbatas pada anjuran kategori usia melalui kode semua umur (SU), bimbingan orangtua (BO), dan lain-lain. Siaran pada TV analog belum memiliki secara otomatis untuk melakukan penyaringan secara mandiri.

Rosarita Niken Widiastuti Staff Khusus Kemenkominfo Republik Indonesia dalam podcast live bertajuk era baru tv digital Senin (20/06/2022) siang menjelaskan jika adanya program dari Kementerian Kominfo yaitu Analog Switch Off (ASO), menjadi angin segar khususnya bagi orangtua.

“TV digital itu memiliki early warning system dan elektronik program guide yakni batasan tontonan yang layak untuk anak – anak, “ ujar Rosarita Niken Widiastuti Staf Khusus Kemenkominfo Republik Indonesia

Jadi elektronik program guide itu berisi batasan – batasan usia, selain itu Fitur EFG juga dapat membantu mengontrol dan menyeleksi dan memilih tayangan apa saja yang hendak ditonton secara otomatis.“ Sehingga dengan adanya tv digital ini orang tua bisa lebih tenang membiarkan anak menonton televisi,” katanya.

Rosarita Niken Widiastuti mengimbau kepada masyarakat untuk segera membeli STB, di toko elektronik terdekat, sehingga lebih cepat menikmati siaran tv digital.

“Untuk kisaran harga itu sekitar Rp 180 ribu sampai Rp 259 ribu untuk mengecek STB yang sesuai dengan Kominfo bisa siarandigital.id,” jelasnya.

 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS