Kuota Pupuk Subsidi Kabupaten Sanggau Berkisar 40 Hingga 60 Persen

Kepala Dinas Ketahanan Panganan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau Kubin

Sanggau (Suara Kalbar) – Kabupaten Sanggau hanya mendapatkan 40-60 persen pupuk subsidi dari kuota yang diharapakan oleh petani Kabupaten Sanggau, sehingga kuota pupuk belum terpenuhi sesuai kebutuhan.

“Namun Pemerintah daerah tentu tidak tinggal diam dalam menyikapi kekurangan kuota pupuk subsidi tersebut,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Panganan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau Kubin, Rabu (22/6/2022).

Satu diantara langkah yang ditempuh Pemkab Sanggau melalui DKPTPHP Sanggau adalah dengan menyurati Kementerian Pertanian guna meminta tambahan kuota pupuk menjadi seratus persen.

“Tapi melihat kondisi keuangan Pemerintah Pusat memang kurang mampu, karena yang diberikan subsidi bukan hanya kita tapi seluruh petani di Indonesia. Minimal ada tambahan lah diatas 60 persen tadi,” jelasnya.

Ia mengatakan kepada petani yang belum tersentuh pupuk subsidi, Kubin berharap tetap melakukan pemupukan, tetapi dengan menggunakan pupuk non subsidi yang harganya diberlakukan sesuai mekanisme pasar.

“Kalau tidak dipupuk khawatirnya hasil produksi tidak sesuai yang diharapkan. Bisa juga menggunakan pupuk anorganik yang pernah kami sampaikan ke petani, misalnya menggunakan campuran micin dengan kelapa, bekas rendaman beras, diaduk jadi satu sesuai takarannyalah sebagai Inang, kemudian disiramkan ditanaman, itu juga bagus,” katanya.

 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: DarmansyahEditor: Suhendra