Sutarmidji Buka POPDA Kalbar dan Lepas Kontingen FORNAS 2022

  • Bagikan
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji membuka secara resmi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat sekaligus melepas Kontingen Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-VI Tahun 2022 di Gedung Olah Raga Pangsuma Pontianak, Rabu (29/6/2022). [ist]

Pontianak (Suara Kalbar) – Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji membuka secara resmi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat sekaligus melepas Kontingen Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-VI Tahun 2022 di Gedung Olah Raga Pangsuma Pontianak, Rabu (29/6/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur Kalbar, H. Ria Norsan,Forkopimda Kalbar, Bupati/Walikota Seluruh Kalbar, atau yang mewakili, Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar, Windy Prihastari, beserta Jajaran KONI, KORMI dan NPC Kalbar.

Dalam kesempatan ini, Gubernur meminta kepada seluruh official dan atlet untuk bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas, jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan tim masing-masing (terjadi keributan).

“Perkelahian itu cukup di ring tinju saja karena sudah ada aturannya, jangan sampai olahraga sepakbola maupun olah raga manapun (selain tinju) menjadi olahraga tinju. Kalau itu terjadi mau benar atau salah diskualifikasi saja dua-duanya,” pinta Gubernur.

Melalui POPDA diharapkan dapat menjaring bibit-bibit potensial atlet pelajar berbakat dan disiplin, yang selanjutnya akan dibina, sehingga dapat berprestasi lebih baik ditingkat Provinsi dan Nasional.

Tujuan utama POPDA ini selain mencari bibit-bibit atlet yang berprestasi, juga menjaga kejujuran wasit dan atlet, bukan hanya sekedar bertanding tetapi berharap penyelenggaraan ini tidak menjadi sia-sia, dan saya yakin Kalbar tidak akan kekurangan atlet yang bisa berprestasi di tingkat Nasional maupun Internasional,” jelas Gubernur.

Selanjutnya, Gubernur berpesan kepada seluruh official dan para atlet serta para pendukung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, yang mana pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

“Saya berpesan, jika yang bertanding boleh tidak memakai masker, namun yang tidak bertanding dan pendukung (supporter) tetap harus disiplin menggunakan masker,” harap Gubernur.

Sementara itu, Kepala Disporapar Provinsi Kalbar mengatakan bahwa POPDA Kalbar tahun 2022 ini mempertandingkan 7 cabang olahraga yang diikuti 614 atlet pelajar dari 14 Kab/Kota dan dilaksanakan dari tanggal 29 Juni sampai dengan 3 Juli 2022.

“POPDA Kalbar menggunakan 6 venue yakni, GOR Pangsuma untuk cabor bola voli, Stadion SSA dan PSP untuk cabor sepak bola, GOR Perbasi untuk cabor basket, GOR Bulu Tangkis Khatulistiwa untuk cabor sepak takraw dan bulu tangkis, GOR Tenis Akcaya untuk cabor pencak silat dan Lapangan Futsal Kharya Bhakti untuk cabor tinju,” jelas Windy Prihastari.

Selain POPDA, kontingen Kalbar yang dilepas akan mengikuti FORNAS ke-VI di Sumatera Selatan (Palembang) dari tanggal 1 sampai dengan 7 Juli 2022.

“Kontingan Kalbar berjumlah 116 orang dan akan mengikuti 11 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Palembang,” ungkap Kadisporapar.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Gubernur dan Wakil Gubernur menyerahkan bantuan peralatan perlengkapan latihan secara simbolis kepada cabor tinju, atletik, angkat besi, karate, panahan dan anggar, serta bantuan perlengkapan asrama atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PLPP) Kalbar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Bagikan